Efektivitas Penerapan Teknik Role Playing Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa

Main Article Content

Anna Monica Triana
Dhiu Margaretha
Maria Erlinda

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas penerapan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk peningkatan kecerdasan emosional pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain pra-eksperimen (pretest-posttest design). Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas IX C SMPK St. Yoseph Naikoten II Kupang. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional dan pedoman intervensi role playing. Teknik analisis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan nilai t_(hitung ) sebesar 36,7143 sedangkan nilai t_tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,447. Dengan demikian nilai t_(hitung )>t_tabel. Hal ini menunjukkan bahwa teknik role playing melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas IX C SMPK St. Yoseph Naikoten II Kupang tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Erford, B. T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diktahui Setiap Konselor. Pustaka Pelajar.
Goleman, D. (2016). Emotional Intelegence: Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting dari pada IQ. PT Gramedia.
Herlina, U. (2015). Teknik Role Playing dalam Konseling Kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94–107.
Hernaningsih, T. (2020). Pengaruh Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Sma Batik 1 Surakarta. An-Nizom, 5(2011), 197–202.
Idamayanti, K., & Djanah, M. (2021). Keefektifan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 04(02), 123–128.
Idrus, S. F. I. Al, Damayanti, P. S., & Ermayani. (2020). Pengembangan kecerdasan emosional peserta didik di sekolah dasar melalui pendidikan karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 137–146.
Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. https://doi.org/10.29210/3003244000
Nisa, W., & Muhid, A. (2022). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional: Literature Review. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 3 No. https://e-journal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/index
Nurdiansyah, E. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3), 171–184.
Panigar, D. A. G., Djannah, W., & Hidayat, S. W. (2014). Role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa smp. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, 2(August), 0–3. https://core.ac.uk/download/pdf/289787581.pdf
Pepriyanti, N. P., Wasidi, W., & Afriyati, V. (2018). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Smpn Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.86-95
Prayitno. (2012). Jenis Laynan dan Kegiatan Pendukung Konseling.
Sakti, H. G., & Wibawa, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Teknik Role Playing Terhadap Pengendalia Diri Siswa di SMP Negeri 1 SAKRA TIMUR. 3(1), 18–24.
Satriah, L. (2017). Bimbingan dan Konseling Kelompok:Setting Masyarakat (Edisis Per). Fokusmedia.
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980
Sitompul, D. (2015). Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulastri, T., Yuline, Y., & Purwanti, P. (2022). Studi Tentang Kecerdasan Emosional Rendah Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i3.53646
Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. 01(01), 1–8.