Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD

Main Article Content

Adita Dwi Safirah
Moh. Irfan Abdillah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran matematika yang seharusnya dikuasai oleh siswa di era saat ini. Namun beberapa siswa menghadapi kesulitan dalam mengidentifikasi masalah dan mengaplikasikan konsep matematika dalam situasi dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian berjumlah 51 siswa, yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas kontrol, dan 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran yang menerapkan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut diketahui dari hasil nilai Sig. 2 tailed 0.000, atau < 0.05 sehingga Ha diterima. Hasil uji t diketahui 9,845 > 1,676, artinya terdapat perbedaan rata-rata dari nilai kedua kelas, dan kelompok eksperimen mempunyai skor yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika di SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afwah, L. N., Hendrastuti, Z. R., & Franita, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Flashcard Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 293–297. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.244
Ahdhianto, E., & Istiq’faroh, N. (2022). The Effect of Problem-Based Learning Models on Mathematical Problem Solving Skills in Primary Schools. Journal of Xi’an University of Architecture & Technology, 12(8), 165–171.
Andriana, R., Muliana, M., & Listiana, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 2 Dewantara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1(1), 29. https://doi.org/10.29103/jpmm.v1i1.4305
Arni, N., & Sari, M. P. (2022). Pengaruh Model Problem-based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Swasta PAB 1 Klumpang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.7105
Aslan, A. (2021). Problem- Based Learning In Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, And Interaction. Computers & Education, 171, 1–15. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237
Gultom, B. M., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(2), 389–395. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1792
Gunur, B., Ramda, A. H., Riska, A., & Tamur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 221–229. https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16102
Harisantoso, J., Surur, M., & Suhartini, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 73–82. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2537
Khairani, M., Sukmawati, S., & Nasrun, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 458. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1893
Luthfiah, D. A., Napitupulu, E. E., & Syahputra, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Stabat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1392–1403. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2297
Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. CV IRDH.
Mazaly, M. R., Saragih, D. I., & Ulandari, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2159
Nalman, A. R., Susanta, A., & Hanifah, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Journal on Education, 6(1), 12–24. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2909
Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069
Panggabean, C. P., & Sinambela, P. N. J. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Berbantuan Media Quizizz untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(4), 13899–13906. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2407
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131–140. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169
Putri, R. K., & Roichan, D. I. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7272
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259
Ristiningsih, R., Karimah, S., & ’Adna, S. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Rme Berbantu E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 49–57. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33280
Riyani, P., Sampoerno, P. D., & Santi, V. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Google Classroom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 27–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.03
Safirah, A. D., & Suhartiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6689–6705. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11875
Setiawan, H., Handayani, T., & Muslimahayati, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 31. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.9231
Sinaga, R. S., & Situmorang, S. R. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Abdi Negara Binjai. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 92–99. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i2.332
Susino, S. A., Destiniar, D., & Sari, E. F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2918
Wati, P. I., Karim, K., & Noorbaiti, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Siswa Kelas VIII SMP/MTS. JURMADIKTA, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1766
Widiawati, Y., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 12–25. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.354
Wirevenska, I., Mardiati, M., & Listiana, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 76–82. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.309
Yanto, F., & Enjoni, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 9–19. https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.74