ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Institut Indonesia Yogyakarta pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Institut Indonesia Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah catatan lapangan dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2019. Hasil dari penelitian yaitu peseta didik langsung terlibat aktif melakukan suatu aktivitas kegiatan yang secara nyata dan disesuaikan dengan materi pelajaran dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi. Akan tetapi ada beberapa siswa yang tidak aktif. Berdasarkan identifikasi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis menurut NCTM, terdapat 11 siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dan 1 siswa tidak memenuhi indikator ketiga kemampuan komunikasi matematis. 6 siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dan 6 siswa tidak memenuhi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.