STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN TANGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

Venda Mega Faniya
Asih Karuniawati
Dimas Nugroho
Daiyatul Nova Sutrianny
Sofia
Fertilia Ikashaum

Abstract

Tangram merupakan salah satu alat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Tangram adalah salah satu jenis permainan yang berasal dari china. Tangram itu sendiri berbentuk puzzle yang terdiri dari 7 potongan bangun datar. Bangun datar tersebut yaitu 2 segitiga berukuran besar, 1 segitiga berukuran sedang, 2 segitiga berukuran kecil, 1 persegi, dan 1 jajar genjang. Ketujuh keping tersebut dapat dikreasikan oleh siswa dengan menyusunnya menjadi berbagai bentuk, bisa saja dibentuk menjadi pola rumah, burung, ikan, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil analisis secara teoritis tentang manfaat penggunaan media tangram dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan study literature. Data-datanya bersumber dari buku-buku dan penelitian terdahulu tentang media tangram. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media tangram bermanfaat dalam pembelajaran matematika. Siswa menjadi senang belajar matematika,bersemangat, dan termotivasi dalam belajar matematika, karena mereka dapat belajar sekaligus bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles