IDENTIFIKASI PROFIL KECEMASAN MATEMATIKA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NUSA CENDANA

Main Article Content

Patrisius Udil

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai variasi level kecemasan matematika yang terjadi berdasarkan domain dan aspek kecemasan yang diteliti. Domain yang dimaksud meliputi domain psikologis-emosional, kognitif, dan fisiologis. Sementara aspek yang dilihat mencakup kompetensi matematika dan kompetensi mengajar. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 1 program studi PGSD Universitas Nusa Cendana yang terdiri dari 84 mahasiswa. Data penelitian meliputi hasil skala kecemasan matematika, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kecemasan matematika mahasiswa teridentifikasi pada level sedang. Kecemasan matematika mahasiswa teridentifikasi pada level tinggi pada domain psikologis-emosional dan kognitif, sedangkan pada domain fisiologis teridentifikasi pada level sedang. Pada aspek kompetensi kompetensi matematika kecemasan matematika mahasiswa berada pada level sedang, sedangkan pada kompetensi mengajar teridentifikasi pada level tinggi. Lebih lanjut, kecemasan matematika mahasiswa pada domain psikologis-emosional teridentifikasi pada level tinggi untuk kedua aspek yang diteliti. Sementara kecemasan matematika mahasiswa pada domain kognitif teridentikasi tinggi untuk aspek kompetensi mengajar, tetapi sedang untuk aspek kompetensi matematika. Pada domain fisiologis kecemasan matematika mahasiswa teridentifikasi sedang untuk kedua aspek yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles