SELF-REGULATED LEARNING PADA ASPEK MOTIVASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TARAKAN DALAM BELAJAR MATEMATIKA

  • Chaidir Putria Universitas Borneo Tarakan
  • Darmayasa Jero Universitas Borneo Tarakan
Keywords: self-regulated learning, motivasi, pendidikan matematika

Abstract

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Self-Regulated Learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Permasalahannya, dari hasil studi pendahuluan ditemukan banyak siswa yang tidak memiliki Self-Regulated Learning yang bagus, khususnya kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan melatih Self-Regulated Learning dalam belajar matematika pada aspek Motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tarakan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII sebanyak 4 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi yang kemudian ditulis dalam catatan lapangan. Data hasil penelitian kemudian direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh bahwa keempat siswa tersebut melatih Self-Regulated Learning dalam belajar matematika pada aspek motivasi dengan cara: 1) menjaga semangat dan keyakinan diri dalam belajar matematika; dan 2) berbagi pengetahuan matematika dengan menjadi tutor sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-30