KRITERIA KESALAHAN SISWA-SISWI KELAS X SMA NEGERI TAMALABANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA TENTANG SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV)

Main Article Content

Melki Imamastri Puling Tang
Jeni Marianti Loban

Abstract

Sistem persamaan linear tiga variabel merupakan salah satu materi dalam matematika yang mulai diperkenalkan dalam jenjang pendidikan pada sekolah menengah atas. Tujuan pembelajaran SPLTV di tingkat  SMA dan sederajat adalah penyelesaian masalah. Pembelajaran SPLTV diawali dengan mengenali tentang bentuk umum dari SPLTV itu sendiri . Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif  karena melakukan perhitungan rata-rata nilai siswa-siswi kelas X SMA Negeri Tamalabang antara tes awal dan tes akhir. Hasil tes yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa pada indikator membuat model matematika dan menentukan penyelesaian SPLTV dengan metode Eliminasi dan membuat model matematika dan menentukan penyelesaian SPLTV dengan metode  eliminasi dan subsitusi dengan tingkat kesalahannya tergolong tinggi dengan presentase kesalahan sebesar 83,33%. Kesalahan siswa pada indikator mengidentifikasi SPLTV khusus dan penyelesaiannya. Sedangkan besaran yang ada dalam masalah soal cerita ke dalam variabel matematika yang dilambangkan dengan huruf-huruf pada sistem persamaan membuat model berdasarkan soal cerita tergolong sangat rendah dengan presentase kesalahan sebesar 50%.  Perlu dilakukan evaluasi dan strategi belajar yang mengarah pada penyederhanaan konsep belajar yang dapat membuat para siswa terangsang  untuk lebih tertarik pada proses KBM matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Melki Imamastri Puling Tang, Universitas Tribuana Kalabahi Program Studi Matematika

Dosen