PENGEMBANGAN PERMAINAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BARISAN DAN DERET
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan pembelajaran pada materi barisan dan deret aritmatika dengan menggunakan permainan rusuk berbasis PBL dan (2) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Adonara pada bulan Mei 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 MIA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif kualitatif, dimana peneliti mendeskripsikan praktik pembelajaran menggunakan model PBL dan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan proses pembelajaran. Metode pengumpulan data adalah tes tertulis, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) langkah-langkah pembelajaran materi barisan dan deret aritmatika dengan model PBL adalah: (a) orientasi siswa pada masalah; (b) mengorganisasi siswa untuk meneliti; (c) membantu invetigasi mandiri dan kelompok; (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya; (e) menganalisis dan mengevaluasi; (2) Kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu untuk masalah 1, 7 siswa dari 8 siswa dapat mencapai indikator 1-4 kemampuan pemahaman konsep, 1 siswa dari 8 siswa tidak dapat mencapai indikator 4 kemampuan pemahaman konsep. Untuk masalah 2, 6 siswa dari 8 siswa dapat mencapai indikator 1-4 kemampuan pemahaman konsep siswa, dan 2 siswa dari 8 siswa tidak dapat mencapai indikator 3 dan 4 kemampuan pemahaman konsep
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.