ETNOMATEMATIKA PADA PASAR BARTER BANIONA DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aspek- aspek matematis yang terkandung dalam pasar barter Baniona di desa Klukengnuking, dan menerapkan aspek-aspek matematika yang terdapat pada Pasar Barter Baniona dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini melibatkan pelaku barter dan siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Adonara Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar kerja peserta didik, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh (1) aspek–aspek matematis yang terkandung dalam Pasar Barter Baniona diantaranya: perbandingan senilai, pola bilangan, geometri, dan himpunan; (2) penerapan aspek - aspek matematika yang terdapat pada Pasar Barter Baniona dalam pembelajaran matematika menggunakan sintaks PBL yaitu orientasi, organisasi, investigasi, mengembangkan dan mempersentasikan hasil.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.