MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MEDIA “MILAK DULAK”

Main Article Content

Marsen D. Kornelis
Welis S.P. Hun
Poniam L. Morib
Kristoforus D. Djong
Wilfridus B.N.Dosinaeng

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penggunaan media pembelajaran milak dulak. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas 5 SDN Oefoe Kecamatan Rote Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Sedangkan obyek penelitiannya yaitu aktivitas siswa, kemampuan berhitung siswa dan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Media milak dulak merupakan media berbentuk bambu berwarna yang digunakan untuk mengajarkan perkalian pada siswa Kelas V.  Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan lima tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: tes hasil belajar, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Siklus dikatakan berhasil jika paling sedikit 70% siswa tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan skor persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 56% pada Siklus I menjadi 89% pada Siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media milak dulak telah berhasil di Siklus II. Penghitungan skor n-gain yang dilakukan memperoleh skor 0,32 sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II dengan kategori peningkatan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Marsen D. Kornelis, SD Negeri Oefoe Rote Barat

Guru

Welis S.P. Hun, SD Negeri Oefoe Rote Barat

Guru

Poniam L. Morib, SD Negeri Oefoe Rote Barat

Guru

Kristoforus D. Djong, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen

Wilfridus B.N.Dosinaeng, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen