ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM
Main Article Content
Abstract
Perkembangan abad 21 membawa dampak dalam segala aspek kehidupan terutama adalah aspek pendidikan. Dampak aspek ini mengajak pendidik untuk aktif menyoroti proses pembelajaran agar dapat memenuhi tantangan-tantangan yang diberikan. Salah satu hal yang disoroti adalah materi arimatika sosial pada proses pembelajaran matematika yang merupakan salah satu cabang ilmu untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut mengajak pendidik untuk berinovatif dalam melakukan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi aritmatika sosial dengan model pembelajaran project-based learning berbasis STEAM di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi serta penyebaran kuesioner. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Budi Utama Yogyakarta berjumlah 42 peserta dengan pengambilan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa minat belajar peserta didik pada materi aritmatika sosial terkategori sangat tinggi dengan rata-rata 81,47%. Hal ini juga dipengaruhi oleh model pembelajaran, metode pembelajaran, variasi lembar kerja peserta didik, dan sarana prasarana yang digunakan dalam pembelajaran. Faktor eksternal motivasi belajar dari orang tua dan teman juga mempengaruhi minat belajar peserta didik pada materi ini sehingga mereka termotivasi untuk mempelajari materi aritmatika sosial.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.