PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 DENGAN MEDIA PECAHAN UANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas II SD Negeri Oefoe pada tema 4 subtema 1 melalui penggunaan media pembelajaran pecahan uang. Subyek penelitiannya yaitu seluruh siswa Kelas II SDN Oefoe Kecamatan Rote Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Media uang yang digunakan yaitu uang logam pecahan seratus, dua ratus,lima ratus, dan seribu rupiah, serta uang kertas pecahan dua ribu,lima ribu dan seribu rupiah yang digunakan untuk mengajarkan materi nilai mata uang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan lima tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: tes prestasi belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Siklus dikatakan berhasil jika paling sedikit 70% siswa tuntas (memperoleh nilai tes minimal 65). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan skor persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 64,71%% pada Siklus I menjadi 100% pada Siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media pecahan uang telah berhasil di Siklus II. Penghitungan skor n-gain yang dilakukan memperoleh skor 0,31 sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II dengan kategori sedang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.