PROFIL KEMAMPUAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI BILANGAN BULAT
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kemampuan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelas VII SMPK St. Theresia. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi (ST), satu peserta didik dengan kemampuan matematika sedang (SS), dan satu peserta didik dengan kemampuan matematika rendah (SR). Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti sendiri, dan instrumen pendukung yaitu tes penyelesaian soal cerita matematika materi bilangan bulat, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi mampu memahami soal dengan baik, menerjemahkan soal kedalam model matematika, serta menyelesaikan model matematika, dan menentukan jawaban atas masalah pada soal cerita; subjek dengan kemampuan matematika sedang pada nomor 1 belum mampu mencapai empat indikator dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita, tetapi pada nomor 2 peserta didik dengan kemampuan matematika sedang mampu mencapai empat indikator sehingga hasil yang diperoleh sesuai. (3) subjek dengan kemampuan matematika rendah belum memahami soal, menerjemahkan soal kedalam model matematika, menyelesaikan model matematika dan memperoleh jawaban atas masalah pada soal sehingga hasil yang diperoleh salah
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.