KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI ALJABAR
Main Article Content
Abstract
Literasi matematis merupakan kemampuan substansial bagi siswa untuk mengoperasionalisasi pengetahuan dan keterampilan matematis dalam menyelesaikan masalah praktis pada berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian kemampuan literasi matematis siswa SMP kelas VIII pada konten aljabar, baik secara umum maupun berdasarkan domain proses kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-J SMP Kristen Citra Bangsa Kupang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kemampuan Literasi matematis (TKLM) konten aljabar yang diadaptasi dari instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII-J SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, secara umum masih rendah. Hal ini terlihat dari rata-rata, median, dan modus nilai/skor kemampuan literasi matematis konten aljabar siswa yang masih termasuk dalam kategori kurang. Hal ini juga terlihat dari tingginya persentase siswa dengan capaian kemampuan literasi matematis pada kategori kurang. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa siswa hanya mampu mencapai domain proses kognitif pemahaman dalam menyelesaikan soal literasi matematis pada konten aljabar. Sebagian besar siswa masih belum mampu mencapai domain proses kognitif penerapan dan penalaran.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.