PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 KOTA KUPANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R&D) dan menerapkan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi android pada materi lingkaran untuk siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Kupang yang memenuhi kriteria kelayakan yakni valid, praktis dan efektif. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, angket dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dengan memanfaatkan software ispring suite pada materi lingkaran, telah memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis dan efektif. Rata-rata total kevalidan (RTV) yang diperoleh dari ahli media dan ahli materi yaitu 4,96 dan 4,93 dengan kategori valid. Kemudian hasil rata-rata total kepraktisan (RTP) oleh siswa pada kelas kecil yakni 4,51 dan kelas besar yakni 4,56, serta rata-rata kepraktiswan yang diperoleh dari respon guru pada kelas besar adalah 5. Ketiga skor tersebut masuk dalam kategori praktis. Selain itu, persentase ketuntasan yang diperoleh pada ujicoba kelas kecil yaitu 87,5% sedangkan pada ujicoba kelas besar yaitu 82% dan masuk dalam kategori.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.