DESKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII

Main Article Content

Sasra Sugeha
Nursiya Bito
Bertu Rianto Takaendengan

Abstract

Pembelajaran matematika menuntut keterlibatan aktif siswa untuk memahami konsep secara mendalam dan menerapkannya dalam pemecahan masalah. Meskipun PBL telah banyak diterapkan, integrasinya dengan media interaktif dalam pembelajaran matematika masih terbatas, terutama untuk mendukung pemahaman konsep abstrak dalam konteks nyata. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penerapan PBL berbantuan media interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi koordinat Kartesius. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek 21 siswa kelas VIII SMP N 1 Kombot pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru, angket respons siswa, dan tes hasil belajar. Hasil menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,78; (2) respons siswa sangat positif, dengan rata-rata persentase 88,43%; dan (3) lebih dari 85% siswa mencapai nilai di atas KKM. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model PBL berbantuan media interaktif efektif dalam pembelajaran matematika, disarankan agar model ini diterapkan secara lebih luas dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi yang bersifat abstrak. Penelitian lanjutan dapat melibatkan sampel lebih besar dan mempertimbangkan faktor gaya belajar serta dampak jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles