PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 4 MAJENE
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Majene. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Majene. Dengan teknik Simple Random Sampling, sampel penelitian ini adalah kelas VIII B dan kelas VIII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial (Independent Sample T-Test). Berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh bahwa nilai sig. (1-tailed) sebesar 0,000, lebih kecil dari 0,05, artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKPD berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 4 Majene.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.