PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR GEOMETRI SMP BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER

  • Abi A. M Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe
  • Gella N. J. M Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe
Keywords: Etnomatematika, Geometri, Pengembangan, Sumber Belajar

Abstract

Pembelajaran kontekstual menjadi isu penting karena melibatkan budaya peserta didik. Etnomatematika menjadi salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan tersebut terutama pada materi geometri. Penelitian ini adalah Research and Development (R & D) model Borg & Gall menggunakan pre-experimental one group pretest-posttest design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan sumber belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Amanuban Barat kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 pada materi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber belajar yang dikembangkan berkategori valid, praktis dan efektif. Kevalidan sumber belajar sebesar 98% sedangkan kepraktisannya  sebesar 96% ditunjukkan dengan respon positif peserta didik dan guru. Keefektifan sumber belajar dilihat dari perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan prestasi belajar setelah implementasi sebesar 0,6 dilihat dari skor gain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abi A. M, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe

Dosen

Gella N. J. M, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Soe

Guru

Published
2020-05-12