PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

  • Tamar B. Logo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohana R. Rowa Universitas Katolik Widya Mandira
  • Irmina V. Uskono Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII disalah satu SMPN di kota Kupang, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIF yeng berjumlah 30 siswa yang dipilih menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP berupa test  Essay yang berjumlah 3 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data nilai pretest dan data nilai posttest dari kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Berdasarkan hasil observasi dan penacapaian indikator, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PMR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP tergolong sangat baik. Uji t menunjukkan thitung = - 17,576 dan ttabel =- 2,045 pada taraf signifikan  5% yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tamar B. Logo, Universitas Katolik Widya Mandira

Mahasiswa

Yohana R. Rowa, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen

Irmina V. Uskono, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen

Published
2020-05-12