PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

  • Rosalia Fransiska Ina Ledun Universitas Katolik Widya Mandira
  • Agapitus H. Kaluge Universitas Katolik Widya Mandira
  • Aloysius Joakim Fernandez Universitas Katolik Widya Mandira
Keywords: kemandirian belajar, minat belajar, prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar siswa SMA. Jenis dari penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan  analisis regresi berganda. Sampel dalam penelitian ini kelas XI IIS yang berjumlah 34 orang yang dipilih secara acak. Jenis datanya yaitu data primer. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes prestasi belajar matematika. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji parsial pada kemandirian belajar menunjukkan bahwa  sehingga kemandirian belajar mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan pada minat belajar diperoleh sehingga ada pengaruh yang tidak signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Selanjutnya, pada uji secara simultan menunjukkan bahwa  maka terdapat pengaruh simultan pada kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosalia Fransiska Ina Ledun, Universitas Katolik Widya Mandira

Mahasiswa

Agapitus H. Kaluge, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen

Aloysius Joakim Fernandez, Universitas Katolik Widya Mandira

Dosen

Published
2020-11-30