KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPK St. YOSEP NOEMUTI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPK St. Yosef Noemuti ditinjau dari gaya belajar . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa, setiap gaya belajar diwakili 1 siswa. Instrumen yang dipakai berupa pernyataan angket,soal tes dan data hasil wawancara. Data yang diperoleh diambil dari lembar pernyataan angket gaya belajar, lembar tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan:1) Kemampuanberpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, mampu mengungkapkan argumen secara logis namun, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, dan dapat menarik kesimpulan. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada mengungkapkan argumen secara logis, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, danmampu menarik kesimpulan. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetikmampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, mampu mengungkapkan argumen secara logis,mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, dan mampu menarik kesimpulan. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis yang paling bagus adalah siswa dengan gaya belajar kinestetik
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.