KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPK St. YOSEP NOEMUTI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Main Article Content

Maria G Taimenas
Oktovianus Mamoh
Kondradus Y. Klau

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMPK  St.  Yosef Noemuti ditinjau dari gaya belajar . Penelitian  ini merupakan  penelitian  deskriptif dengan menggunakan  pendekatan  kualitatif,  subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa, setiap gaya belajar diwakili 1 siswa. Instrumen yang dipakai berupa pernyataan angket,soal tes dan data hasil wawancara. Data yang diperoleh diambil dari lembar pernyataan angket gaya  belajar,  lembar  tes  kemampuan  berpikir  kritis  dan  wawancara.  Berdasarkan  analisis  data  dapat disimpulkan:1) Kemampuanberpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, mampu mengungkapkan argumen secara logis namun, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, dan dapat menarik kesimpulan. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada mengungkapkan argumen secara logis, kurang mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, danmampu menarik kesimpulan. 3) Kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetikmampu merumuskan pokok-pokok permasalahan dan mengungkap fakta yang ada, mampu mengungkapkan argumen secara logis,mampu mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, dan mampu menarik kesimpulan. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis yang paling bagus adalah siswa dengan gaya belajar kinestetik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Maria G Taimenas, Universitas Timor

Mahasiswa

Oktovianus Mamoh, Universitas Timor

Dosen

Kondradus Y. Klau , Universitas Timor

Dosen