PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MOTIF TENUN BUNA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 4 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Article Content

Anastasia Nainaban

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Kupang dengan penggunaan media gambar motif tenun buna. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIIB SMP Negeri 4 Kota Kupang berjumlah 32 yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan tekni deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dalam setiap siklus, sedangkan tes dilakukan pada akhir pembelajaran dalam setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah penggunaan media gambar motif tenun buna dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil tes yang diberikan pada akhir setiap siklus, dimana nilai rata-rata tes siklus I mencapai 76,09 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 68,75% dan pada hasil tes siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 83,12 atau meningkat sebesar 7,03 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,62% atau meningkat sebesar 21,87%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar motif tenun buna dalam pembelajaran matematika materi belah ketupat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Anastasia Nainaban, SMPN 4 Kupang

GURU