PENGGUNAAN MEDIA KOMIK MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 8 LAMBA LEDA

Main Article Content

Patrisius A. Udil
Leonsius F. Sangur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran komik matematika. Penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif ini dilakukan pada siswa kelas VII SMPN 8 Lamba Leda, Manggarai Timur yang berjumlah 21 orang. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Agustus-September. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya. Adapun hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 8 Lamba Leda mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Secara klasikal terdapat peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 61,90% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 80,95% pada siklus 2. Selain itu, rata-rata nilai siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu 72,95 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 78,71 pada siklus 2. Baik persentase ketuntasan belajar maupun rata-rata nilai siswa pada siklus 2 telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Peningkatan aktivitas guru juga teridentifikasi pada penelitian ini, dimana pada pertemuan 1 (siklus 1) diperoleh rata-rata skor 61,77, pertemuan 2 (siklus 1) diperoleh skor 77,94, petemuan 3 (siklus 2) diperoleh skor 85,29, dan pertemuan 4 (siklus 2) diperoleh skor 91,91. Penggunaan komik matematika dalam pembelajaran matematika terlaksana dengan baik dan memenuhi kriteria yang ditetapkan pada siklus 2 yaitu minimal skor keterlaksanaan 80.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Patrisius A. Udil, FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang

Dosen

Leonsius F. Sangur, SMP Negeri 8 Lamba Leda, Manggarai Timur

Guru