INFORMATION
2024-06-28
Inform the authors that Asimtot Journal is not yet able to accept new article submissions because it is still focused on completing the publication of existing articles.
![]() |
Journal titel ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika
Frequency Two issues per year (Mei & November)
Online ISSN 2685-9580
Editor-in-chief Meryani Lakapu, S.Pd.,M.Pd
Managing Editor Yohanes Ovaritus Jagom, S.Pd.,M.Pd
Publisher Mathematics Education, Katolik Widya Mandira University (UNWIRA), Indonesia
Citation Analysis Google Scholar, Dimensions, Garuda, Crossref
Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika published by UNWIRA mathematics education study programme. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika aims to publish the results of research related to the field of mathematics education and the field of mathematics, specifically in the form of: (1) Mathematics; (2) Mathematics Learning Media and Multimedia; (3) Assessment and Evaluation in Mathematics learning; (4) Professional Development of Mathematics Teachers; (5) Ethnomathematics in Mathematics Learning; (6) Didactical Design in Mathematics Learning.
2024-06-28
Inform the authors that Asimtot Journal is not yet able to accept new article submissions because it is still focused on completing the publication of existing articles.
Vol 6 No 02 (2025): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2024 - Mei 2025
ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika menerbitkan beberapa artikel pada Vol. 6 No. 2 dengan merepresentasikan keberagaman pendekatan dalam studi pembelajaran matematika, mulai dari integrasi nilai-nilai budaya lokal melalui etnomatematika seperti dalam proses pembuatan Soami di Dusun Ani dan Tumbu Reyeng di Desa Payaman, hingga pendekatan pedagogis dan evaluatif terhadap kesalahan serta pemberian scaffolding dalam pembuktian matematika tingkat lanjut. Penelitian lainnya fokus pada pengembangan perangkat ajar inovatif seperti LKPD berbasis model Treffinger dan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP. Selain itu, pendekatan kuantitatif juga digunakan dalam analisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar melalui metode Spearman Rank. Tidak kalah penting, studi juga diarahkan pada pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika, eksplorasi kemampuan pemodelan matematika berbasis budaya lokal, serta analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususnya pada materi matriks. Keseluruhan judul ini menunjukkan upaya multidimensi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui inovasi, konteks lokal, dan pendekatan pedagogis yang beragam.
Published: 2025-05-31