Current issue 2024: ASIMTOT Volume 6 Issue 2 | Desember 2024 - Mei 202| In Progress Issue Archive | Start Submission

Journal titel             ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika

Frequency               Two issues per year (Mei & November)

Online ISSN             2685-9580

Editor-in-chief         Meryani Lakapu, S.Pd.,M.Pd

Managing Editor     Yohanes Ovaritus Jagom, S.Pd.,M.Pd

Publisher                  Mathematics Education, Katolik Widya Mandira University (UNWIRA), Indonesia

Citation Analysis     Google ScholarDimensions, Garuda, Crossref

 

Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika published by UNWIRA mathematics education study programme. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika aims to publish the results of research related to the field of mathematics education and the field of mathematics, specifically in the form of: (1) Mathematics; (2) Mathematics Learning Media and Multimedia; (3) Assessment and Evaluation in Mathematics learning; (4) Professional Development of Mathematics Teachers; (5) Ethnomathematics in Mathematics Learning; (6) Didactical Design in Mathematics Learning.

 

 

INFORMATION

2024-06-28

Inform the authors that Asimtot Journal is not yet able to accept new article submissions because it is still focused on completing the publication of existing articles.

Vol 6 No 02 (2025): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2024 - Mei 2025

ASIMTOT: Jurnal Kependidikan Matematika menerbitkan beberapa artikel pada Vol. 6 No. 2 dengan merepresentasikan keberagaman pendekatan dalam studi pembelajaran matematika, mulai dari integrasi nilai-nilai budaya lokal melalui etnomatematika seperti dalam proses pembuatan Soami di Dusun Ani dan Tumbu Reyeng di Desa Payaman, hingga pendekatan pedagogis dan evaluatif terhadap kesalahan serta pemberian scaffolding dalam pembuktian matematika tingkat lanjut. Penelitian lainnya fokus pada pengembangan perangkat ajar inovatif seperti LKPD berbasis model Treffinger dan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMP. Selain itu, pendekatan kuantitatif juga digunakan dalam analisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar melalui metode Spearman Rank. Tidak kalah penting, studi juga diarahkan pada pengaruh model Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika, eksplorasi kemampuan pemodelan matematika berbasis budaya lokal, serta analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususnya pada materi matriks. Keseluruhan judul ini menunjukkan upaya multidimensi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui inovasi, konteks lokal, dan pendekatan pedagogis yang beragam.

Published: 2025-05-31

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PROSES PEMBUATAN TUMBU REYENG SEBAGAI BUDAYA LOKAL DESA PAYAMAN

Nadiyah Lailatul Hidayah, Anisa Aenur Rochmah, Agus Prasetyo Kurniawan

123-135

ANALISIS KESALAHAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PEMBUKTIAN PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL

Hasan Basri, Ukhti R audhatul Jannah, Rohmah Indahwati, Anni Herawati, Asifaul Ulum

137-149

METODE SPEARMAN RANK UNTUK MENGETAHUI PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI-2 MAN 8 JOMBANG PADA MATERI TURUNAN

Aghna Khoirotul Maulidina, Dahayu Arianti, Ama Noor Fikrati, Nurwiani, Jauhara Dian Nurul Iffah

163-171

View All Issues