Penguatan Kompetensi Guru Fisika Dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Melalui Program PPG Di LPTK Unwira

Main Article Content

Alfons Bunga Naen
Claudia Mariska M. Maing
Oktavianus Ama Ki'i
Maria Ursula Jawa Mukin
Egidius Dewa

Abstract

Peran guru fisika sangat penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, mereka dihadapkan pada tantangan nyata dalam menyusun perangkat pembelajaran yang inovatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan kurikulum. Tantangan tersebut meliputi keterbatasan pengetahuan teknologi, kreativitas dalam merancang pembelajaran, serta beban kerja yang berat. Tujuan dari Program PPG ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru fisika melalui pelatihan yang terfokus, adaptasi teknologi, dan pengembangan perangkat pembelajaran yang inovatif. Metode pelaksanaannya dilakukan melalui pelatihan secara daring melalui platform Zoom dan LMS. Bentuk evaluasi berupa penilaian produk perangkat pembelajaran modul ajar/RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Instrumen Penilaian serta penilaian proses untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelatihan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan kemampuan peserta dalam merancang perangkat pembelajaran yang inovatif sangat baik. Pengamatan terhadap partisipasi peserta selama pelatihan menunjukkan keaktifan yang cukup tinggi. Kegiatan PkM ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi guru fisika dan kualitas pembelajaran fisika di tingkat lokal. Keberhasilan kegiatan PkM ini memberikan landasan bagi langkah-langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan fisika dan mendukung agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Absari, N., Priyanto, P., & Muslikhin, M. (2020). The Effectiveness of Technology, Pedagogy and Content Knowledge (TPACK) in Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 43–51. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.24012

Afriadi, B., Tola, B., & Triana, D. D. (2023). Evaluation Of The Implementation Of Teacher Professional Education In Indonesia. International Education Trend Issues, 1(1), 1–9.

Fan, S.-C., Yu, K.-C., & Lin, K.-Y. (2021). A Framework for Implementing an Engineering-Focused STEM Curriculum. International Journal of Science and Mathematics Education, 19(8), 1523–1541. https://doi.org/10.1007/s10763-020-10129-y

Hamad, S., Tairab, H., Wardat, Y., Rabbani, L., Alarabi, K., Yousif, M., Abu-Al-Aish, A., & Stoica, G. (2022). Understanding Science Teachers’ Implementations of Integrated STEM: Teacher Perceptions and Practice. Sustainability (Switzerland), 14(6), 1–19. https://doi.org/10.3390/su14063594

Karim, S., Kandowangko, N. Y., & Lamangantjo, C. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Etno-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2), 134. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6329

Kiptiyah, S. M., Purwanto, E., Ahmadi, F., Tyas, D. N., & Andriani, A. E. (2023). Strategi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis Learning Community. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 6(2), 512–521. https://doi.org/10.30591/japhb.v6i2.4289

Mardhatillah, O., & Surjanti, J. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesionalitas Guru di Indonesia Melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 102–111. https://doi.org/10.23887/jjpe.v15i1.65200

Masrifah, M., Setiawan, A., Sinaga, P., & Setiawan, W. (2018). Profile Of Senior High School In-Service Physics Teachers’ Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK). Journal of Physics: Conference Series, 1097(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012025

Mulyana, R., Kurahman, O. T., & Fauzi, R. (2023). Professional Development for Islamic Religious Education and Madrasah Teacher. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.23511

Saprudin, S., Rahman, N. A., & Muhammad, N. (2023). Penggunaan Media Video Tutorial Implementasi Model Pembelajaran Inovatif (MVTIMPI) untuk Mendukung Diferensiasi Konten Learning Management System (LMS) Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fisika. Prosiding Seminar Nasional OPPSI, 2, 211–217.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574


Shamdas, G. B., Bialangi, M., Bialangi, M., Buntu, A., & Buntu, A. (2022). Penyuluhan dan Pendampingan Perancangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui Lesson Study pada Guru SMP di Palu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 86. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i1.4659

Stevanus, I., Budhayanti, C. I. S., & Wijaya, T. A. (2023). Peningkatan Regulasi Mahasiswa Ppg Melalui Aktivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 559–571. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2816

Tintingon, J. Y., Usoh, E. J., & Sumual, T. E. M. (2023). Pengembangan Sumber Daya Pendidik Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Profesi Guru Prajabatan di Indonesia. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16928

Yusro, A. C., Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Pratiwi, H. Y. (2023). Profil Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) Calon Guru Professional Bidang Fisika. Proceedings Series of Educational Studies, 344–349.