APLIKASI PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: TK MASEHI PAYETI)
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Salah satunya
adalah pemanfaatan multimedia pembelajaran di bidang Pendidikan.
Multimedia pembelajaran merupakan metode yang digunakan dalam proses
belajar mengajar yang materinya disajikan dengan menerapkan unsur
multimedia, sehingga materi pengajaran lebih menarik dan mempermudah
guru dalam mengajar. Kasus yang terjadi pada TK Masehi Payeti yaitu guru
mengalami kesulitan dalam memberikan materi pengenalan hewan yang
nyata dan minimnya media pembelajaran sehingga berdampak pada
rendahnya pengetahuan anak-anak. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini
membangun sebuah aplikasi pengenalan hewan menggunakan augmented
reality berbasis android. Augmented reality diharapkan dapat menampilkan
objek 3 dimensi hewan, memutar suara hewan dan audio penjelasan tentang
hewan, sehingga anak-anak bisa melihat dan mempelajari secara langsung
tentang hewan tersebut dan dapat bermain dengan mengerjakan kuis sehingga
proses belajar mengajar lebih menarik dan menambah pengetahuan anak
anak. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dan hasil penelitian
berdasarkan perhitungan N-Gain mendapatkan skor 70% dengan klasifikasi
nilai normalitas gain cukup efektif.
adalah pemanfaatan multimedia pembelajaran di bidang Pendidikan.
Multimedia pembelajaran merupakan metode yang digunakan dalam proses
belajar mengajar yang materinya disajikan dengan menerapkan unsur
multimedia, sehingga materi pengajaran lebih menarik dan mempermudah
guru dalam mengajar. Kasus yang terjadi pada TK Masehi Payeti yaitu guru
mengalami kesulitan dalam memberikan materi pengenalan hewan yang
nyata dan minimnya media pembelajaran sehingga berdampak pada
rendahnya pengetahuan anak-anak. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini
membangun sebuah aplikasi pengenalan hewan menggunakan augmented
reality berbasis android. Augmented reality diharapkan dapat menampilkan
objek 3 dimensi hewan, memutar suara hewan dan audio penjelasan tentang
hewan, sehingga anak-anak bisa melihat dan mempelajari secara langsung
tentang hewan tersebut dan dapat bermain dengan mengerjakan kuis sehingga
proses belajar mengajar lebih menarik dan menambah pengetahuan anak
anak. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dan hasil penelitian
berdasarkan perhitungan N-Gain mendapatkan skor 70% dengan klasifikasi
nilai normalitas gain cukup efektif.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Verawati Yusak Rihi, Fajar vHariadi, & Trisari Dewi Novyanti Bertha Mira. (2023). APLIKASI PENGENALAN HEWAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: TK MASEHI PAYETI). CONTAR : Jurnal Ilmu Komputer, 1(2), 22 - 28. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/CONTAR/article/view/3075
Issue
Section
Articles