PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPK STA. FAMILIA KUPANG

  • Maria Rosario Biabi, Florentina Y. Sepe, Rikardus Herak Biology Education, Catholic University Widya Mandira, East Nusa Tenggara, Indonesia
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Purposive Sampling, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Pola pembelajaran yang masih berpusat pada guru membuat peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan. Beberapa masalah umum yang ditemukan peneliti pada saat melakukan proses PPL yang paling mencolok adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dan kurangnya keaktifan peserta didik yang juga berkaitan dengan keterampilan proses sains pada peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMPK Sta Familia Kupang, dengan metode  kuasi eksperimen dan rancangan penelitian pra-tes pasca-tes dengan kelompok pengendali tidak diacak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Sta. Familia Kupang. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMPK Sta. Familia  Kupang tahun ajaran 2018/2019. dimana data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0.05, keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki ketercapaian yang lebih baik daripada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Adanya peningkatan pada aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan model pembelajaran langsung serta kemampuan guru yang meningkat pada kelas ekperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII di SMPK Sta. Familia Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambasari, (2013). ”Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Peserta didik Kelas Viii Smp Negeri 7 Surakarta” Pendidikan Biologi
Aritonang, (2008).Membangkitkan Minat Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Azizah, U. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific-Approach) Pada Materi Pokok 56 Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X Mia 5 SMAN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Kimia.
Djamarah, S. B. (2000). Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono,(2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Eduk.(2017). seminar ilmiah: pendekatan konsep dan keterampilan proses sains. kupang:UNWIRA.
Furchan, A. (2011). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Pustaka Pelajar
Gulo. W. (2004). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana
Hidayatullah, F. M. (2011). “Menjadi Guru Sejati”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Himpunan Mahapeserta didik Pendidikan Biologi (HIMABI) FKIP, Universitas Sebelas Maret, 19 Maret.
Inansyah ((2013). Peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 no 2
Jauhar, mohammad (2011). Implementasi PAIKEM dari behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustakaraya
Joyoatmoyo, S. (2006). Belajar Mandiri: Bekal Untuk Menapak Jalan Menuju Belajar Sepanjang Hayat. Makalah disajikan pada kuliah perdana bagi mahapeserta didik baru jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmi Pengetahuan Alam, hlm.1-20. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.
Karamustafaoglu, S. (2011). Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Diagram. Eurasian J. Phys.Chem. Educ.
Rezba et al. (2007). Science Process Skills. United Stated : Kendall/ hunt Publishing Company.
Rosdiani, Dini. (2012). Model Pembelajaran langsung. Bandung: Alfabeta
Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suparno. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta. Universitas Terbuka
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zehra dan Nermin. (2009). Pengaruh Metode Inkuiri terbimbing pada Preservice Sains Guru Pengajaran Beliefs Efikasi Diri. Jurnal Sains Turki Pendidikan. Volume 6, Edisi 2.
Published
2023-03-16
How to Cite
[1]
M. R. Biabi, “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPK STA. FAMILIA KUPANG”, JBIOEDRA, vol. 1, no. 1, pp. 13-18, Mar. 2023.

Warning: Use of undefined constant STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID - assumed 'STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/unwi3891/public_html/_subdomain/journal/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 90

Warning: Use of undefined constant STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID - assumed 'STATISTICS_DIMENSION_ARTICLE_ID' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/unwi3891/public_html/_subdomain/journal/plugins/generic/recommendByAuthor/RecommendByAuthorPlugin.inc.php on line 93