PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SUMBER ENERGI DI SMP NEGERI 1 KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Riska Ler Meida Karimaley, Sardina Ndukang, Hildegardis Missa Biology Education, Catholic University Widya Mandira, East Nusa Tenggara, Indonesia
Keywords: Model Discovery learning, Hasil belajar peserta didik, Sumber Energi

Abstract

Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran IPA yaitu peserta didik kurang dilatih untuk menemukan sendiri materi pembelajarannya dan selalu bergantung sepenuhhnya pada guru, akibatnya peserta didik lebih memahami konsep IPA dengan cara menghafal. Hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik rendah. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan pembelajaran yang dapat merangsang motivasi peserta didik untuk memahami konsep-konsep dan ide-ide IPA dengan baik. Model pembelajaran ini adalah salah satunya adalah pembelajaran Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada meteri sumber energi di SMP Negeri 1 Kupang. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Kupang  dan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VII I dan kelas VII J. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimen dengan desain penelitian Non equivalent Pretest-Posttest Control Group. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan test. Analisis data adalah melalui statistik deskriptif untuk menganalisis kemampuan guru dan aktivitas peserta didik dan inferensial  untuk menguji hipotesisi menggunakan uji Anacova dengan bantuan SPSS for Windows versi 20.0 dengan taraf signifikan 5% (0.05). Hasil penelitian menunjukan bahwa data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest 35.78 dan posttest 81.71  dengan N-gain 0,77. Pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 37.65 dan posttest 63.28 dengan N-gain 0,40. Data hasil belajar peserta didik menunjukan baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) diterima. Hal ni dapat dilihat dari hasil uji Anacova dimana dengan probabilitas (sig.) 0.00 ≤  0.05 Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan model Discovery learning  berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi sumber energi di SMP Negeri 1 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2005. Rencana strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas.
Eskasatri. 2015. Gambar Makanan Sumber Protein. https://damnloveit.blogspot. com/2015/07/protein-fungsi-proses penyerapan-protein.html [Diakses pada :Rabu-1-agustus-2018]
Hani, F. 2018. Teori Belajar Discovery Learning. Academi edu.
Harahap. M. A. Ali, I. S dan Siti, H. 2017. Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah Di Mts Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu. EDU RILIGIA. Vol. 1 No. 3
Illahi, T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).
Kemendikbud. 2015. Rencana strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019. Jakarta
Kisanaris. 2018. Hakikat Belajar Mengajar Menurut Ahli. https://www.kisanaris.com/2018/04/hakikat-belajar-mengajar-menurut-ahli.html [Diakses pada : Jumad-10-agustus-2018]
Lestari, K. E. Yudhanegara, M. R. 2015 Penelitian Pendidikan Matematika :Refika Aditama Bandung
Maharani, B. Hardini, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan. No 5, Vol 1.
Marlina. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Man Peudada Pada Materi Kebutuhan Manusia. Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi. Vol. III, No.1 ISSN : 2354-6719
Na’u, G. W. 2012. Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Pokok Hama Dan Penyakit Pada Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Siswa KeLas Viii SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2011/2012. Kupang : UNWIRA
Nindawati. 2013. Belajar Dalam Perspektif Psikologi dan Agama. Jurnal Pionir. No 1, Vol 1
Parmadi, P. 2015. Lemak Bagi Tubuh. http://putraparmadi.blogspot.com/2015/08/ lemak-bagi-tubuh.htmlh. [Diakses pada :Rabu-1-agustus-2018]
Samiun, A. 2016. Gambar Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi. http://www.informasiahli.com/2016/06/pengertian-karbohidrat-fungsi-jenis-dan-contoh-makanan.html/gambar-makanan-yang-mengandung-karbohidrat-tinggi [Diakses pada :Rabu-1-agustus-2018]
Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Suardin. 2015. Penerapan Metode Discovery Learning Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Labuan. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 4, No 3. ISSN 2354-614X
Sudrajat, A. (2011). Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Artikel Pendidikan.
Sugihartono. Kartika, N. F. Farida, A. S. Farida, H., dan Siti, R. N. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Uny Perss
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukardi, I. Indah, W., dan Imas, M. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Vii Di Mts Patra Mandiri Plaju Palembang. Bioilmi. Vol 1, No 1
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sutrisno. V dan Siswanto, B. 2016 . Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi.Volume 6, No 1
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Seklah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syarifuddin, A. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib. Vol. XVI, No. 01, Edisi Juni 2011
Tjalla, A. 2010. Temu Ilmiah Nasional Guru II. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-Hasil Studi Internasional. Tangerang Selatan.
Zakky. 2018. Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-belajar/ [Diakses pada :Jumad-20-april-2018
Published
2023-03-16
How to Cite
[1]
R. L. M. Karimaley, “PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SUMBER ENERGI DI SMP NEGERI 1 KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019”, JBIOEDRA, vol. 1, no. 1, pp. 19-24, Mar. 2023.