PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 10 KUPANG
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya Biologi yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa pasif dalam proses pembelajaran. Salah satu tawaran solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP Negeri 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/ 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kupang. Sampelnya adalah kelas VII A. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, statistik inferensial dan uji Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posstest pada kelas eksperimen yang menerapkan model problem based learning lebih tinggi yaitu 83,66 dibandingkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 71. Hasil uji Anacova menunjukkan nilai F hitung yaitu 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Dengan nilai rerata pada kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi yaitu 83.653 % jika dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 70.514 %. Hasil aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas eksperimen juga lebih tinggi yaitu 92,70% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 91,61%. Dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori baik yaitu 96,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 10 Kupang pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup Tahun Ajaran 2018/2019.
Downloads
References
Ambarsari,W.Santosa,S. danMaridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. Volume 5, No 1Halaman 81-95. (Online).Tersedia http://eprints.uns.ac.id/14409/1/1441-3199-1SM. diakses tanggal 23 Maret 2018.
Amrulla, A. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi. Skripsi
Ashad, M.S., Ali, M., &Pasaribu, M. 2012.Pengaruh Model PembelajaranBerbasisMasalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu.Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 1(2):39-43.
Eduk, E.J. 2015. Pendekatan Proses Dan Keterampilan Proses, Seminar Ilmiah” Bahan Ajar Pada Prodi Biologi.UNWIRA.Kupang.
Eduk, E. J. 2017. ”Seminar Ilmiah”:Pendekatan Konsep dan Keterampilan Proses” Bahan Ajar pada Prodi Biologi FKIP Unwira Kupang
Ekawarna.2010.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Gaung Persada.
Fathurrohman M .2015.Model- Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1): hlm. 95-101. (Online). (http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii).
Iyus,S.M, Hendrikus, J .2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA.Jurnal Pendidikan Sains Vol. 4 No. 2, Juni 2016, Hal 60–64.Online.Tersedia di http://journal.um.ac.id/index.php/jps/. ISSN: 2338-9117/EISSN: 2442-3904. diaksestanggal 23 Maret 2018.
Kementerian pendidikan dan kebudayaan.Buku Panduan Dan Buku Siswa Guru Pelajaran iparevisi 2017. Jakarta.
Lismayani,I .2017.”Efektivitas Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smpn 17 Kendari”Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 6 No. 23 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman: 737 –
748.
Mayasari, R danAdawiyah, R. 2015.Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi di SMA.Skripsi
Putri, Z. A.“Nilai rata- rata UN SMP/MTS 2018 alami penurunan”. https//m.detik.com. (Diakses 20 Agustus 2018)
Sari, N. 2016.Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMP Negeri 1 Teunom.Skripsi.
Sholihah, I.2010.”Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Vii Smp Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009 .(Online).
Sofiyah.2010.Pengaruh Model PengajaranLangsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.Skripsi.
Sugiyono, 2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Sumartini, T. S. 2015.Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematis. Vol.5 No 1.
Suparman,Nastuti,H.D. 2015 “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning”Jurnal Bioêdukasi No.2.
Sutirna, Asep,S.2015. Landasan Kependidikan Teori dan Praktek. Bandung:Refika Aditama.
Tokan, B. “Nilai rata- rata UN SMP/MTS di NTT menurun”. https//Kupang antaranews.com. (Diakses 20Agustus 2018)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud : Jakarta.