PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG

  • Yuliana Bete, Eduardus Johanes Eduk, Hidegardis Missa Biology Education, Catholic University Widya Mandira, East Nusa Tenggara, Indonesia
Keywords: Discovery learning, hasil belajar siswa, sistem pencernaan makanan

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, perubahan terhadap aspek – aspek intelektual,  emosional atau sikap dan keterampilan akan dapat terlihat dalam bentuk hasil belajar. Hasil belajar dilihat berdasarkan  respon yang diberikan siswa stimulus (rangsangan) yang diberikan guru. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 4 Kota Kupang  Penulis menemukan hasil pembelajaran IPA Biologi di SMP tersebut masih tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan upaya utnuk meningkatkkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa agar siswa lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui  Pengaruh Penerapan Model Discovery learning  terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia  di SMP Negeri 4 Kota  Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian Nonrandomized Control group Pretest-Postesst Desing (pretest-postest grup kontrol tidak secara beraturan) Data hasil belajar peserta didik berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan dengan model Discovery Learning dan kelas yang tidak diberi perlakuan menggunakan model  Discovery Learning dengan nilai signifikan yaitu > 0,05 Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signifikan > 0,05 Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model  Discovery Learning yaitu sebesar 40,78 meningkat  sebesar 81,25 sehingga menjadi 122,03 Sedangkan siswa yang menggunakan model  Discovery Learning mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu sebesar 40 meningkat sebesar 64,84 sehingga menjadi 104,84 Hasil uji t hipotesis sample t-test menunjukkan bahwa Asym.sig(2 sided) 0.000<  taraf signifikan 0,05  untuk kelas yang mendapat perlakuan model  Discovery Learning. maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan model Discovery learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditolak, sehingga hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan model Discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery learning  terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia  di SMP Negeri 4 Kota  Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyani, 2010. Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada pelajaran biologi di SMP Swasta Muhammadiyah Serbelawan. Jurnal Pendidikan Biologi. Universitas Medan ISSN 2086-2245 Vol 1. 3, 2010. 146-245
Bruner, Tanpa Tahun. Pena Sains Pembelajaran Discoveri learning untuk meningkatan motivasi hasilbelajar. Jakarta: kemendikbud
Breast Pumps. 2018. Gambarbahan makanan yang mengandung lemak. https://www. Pumponthego.com diakses tanggal 21 juni. 2018
Ciflikten. 2014. Gambar bahan makanan yang mengandung protein. http://konyaninsesi.com
Diakses taggal 21 juni. 2018
Dimyati dan Mudjiono. (2006) Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rareka Cipta
Eduk, J. 2015. Seminar Ilmiah Pendekatan Konsep Dan Keterampilan Proses. Bahan Ajar Pada Prodi Pendidikan Biologi, FKIP UNWIRA, Kupang.
Efimariyau 2012.Gambar kerongkongan Manusia (Online), (http://fungsi.info/wp content/uploads/2012/12/, diakses tanggal 22 juni 2018)
Kemdikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Buku Guru ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017
Kurniasih dan Sani. 2014. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Untuk Peningkatan Profesional Guru. Kata Pena: Yogyakarta
Missa, H. 2017. Penerapan model pembelajaran Digram Roudhouse melalui Learninh Cycle. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII9 SMPN 9. Malang. Proseding Seminar Nasional Biologi XXIV PBI Manado. ISBN. 978-602-51854-0-3.
Various Reviuws, 2015 .Gambar sisitem pencernaan manusia (online), http://www.comdiakses tanggal 22 juni 2018)
Suardin, 2016. Penerapan Model Discovery learning Materi Sistem Pencernaan Untuk meningkatkam Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Labuan. Jurnal kreatif tadulaka ISSN 2354-614X254. Vol 4, No
Sofiana E 2011 . Pengaruh Model Imkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika siswa pada konsep listrik Dinamis Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulla Jakarta.
Salo, A.Y. 2016. Pengaruh Metode Discovery learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswastudi quasi eksperimen kelas viii SMPN 6 Banda Aceh ISSN 1412-565X
Sudarisma. S. 2015 Memahami Hakikat dan Krakteristik Pembelajaran Biologi Dalam upaya Optimalisasi implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea 2.1,29-35
Sanjaya, W. 2006. Strategi pembelajaran. Kencana: Jakarta
Verified. 2018. Gambar bahan makanan yang mengandung karbohidrat. http://halosehat.com diakses taggal 21 juni. 2018
Widodo, Maria Paristiwowati 2017. Buku IPA kelas VIII Semester I Kemendikbud revisi 2017 Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang, Kemendikbud. ISBN 978-602-282-321-6
Published
2023-03-16
How to Cite
[1]
Y. Bete, “PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG ”, JBIOEDRA, vol. 1, no. 1, pp. 31-36, Mar. 2023.