PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII DI SMPK STA. FAMILIA

  • Yohanes Eudes Wara, Florentina Y. Sepe, Yulita Iriyani Mamulak Biology Education, Catholic University Widya Mandira, East Nusa Tenggara, Indonesia
Keywords: Inkuiri Terbimbing, Alat Peraga, Pemahaman Siswa

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman siswa pada materi pengenalan Organ Tubuh ketika guru bertanya di saat pelajaran yang sudah diulang terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing dengan menggunakan media alat peraga terhadap pemahaman siswa kelas VIII di SMPK Sta.Familia. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen  dengan rancangan penelitian, Pra Test-Pasca Test dengan kelompok pengendali tidak di acak. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa, analisis kovarian dengan berbantuan program SPSS versi 16.0 untuk model Inkuiri Terbimbing dan pembelajaran langsung  menunjukan bahwa nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 8,517 dengan nilai signifikansi 0,006 atau lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut menunjukan bahwa  hipotesis H0 di tolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media alat peraga dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia,dan hipotesis penelitian Ha diterima.artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan menggunakan media alat peraga terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan makanan pada manusia di SMPK Sta. Familia  Kupang tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan data hasil analisis one way-anacova untuk hasil belajar memperoleh nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,006 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan yaitu 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Arviansyah, R., Indrawati., & Harijanto, A. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Disertai LKS Audiovisual Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Di SMP. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Jamber
Azizah, U. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific-Approach) Pada Materi Pokok 56 Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X Mia 5 SMAN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 3 (3): 105-111.
Aritonang, T. K. 2008. “ Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Pendidikan Penabur No.10
Furhan, A. 2011. Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Pustaka Pelajar
Heni. S., H. Vandalita, M., M. V., Ruchaeni, A. 2017. Pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis potensi daerah terhadap retensi siswa pada mata pencernaan limgkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan. Volume 2 (10): 1430-1436
Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik sebuah pengembangan pembelajaran berbasis CTL (Contekstual Teaching dan Learning). Jakarta : Presrasi pustaka.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, P. Y., 2013. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa.
Purwanto, A. 2017. Eksploitasi Ilmu Alam untuk Kelas VIII SMP/MTs. ISBN.
Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran langsung. Bandung: Alfabeta
Sapriati, A. 2008). Pembelajaran IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sepe, F. Y. 2010. Pembelajaran Metakognifit pada Strategi Pembelajaran Kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) dan Pengaruh terhadap Ketrampilan Metakognitif kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sains Biologi pada Siswa SMP Swasta di Kota Kupang. Tesis. Universitas Negeri Malang. Program Pasca Sarjana, Program Studi Pendidikan Biologi Juli 2010.
Suparno. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta. Universitas Terbuka
Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.
Yuwono, G, R., Mahardika, I, K., & Gani, A., A. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, Dan Grafik Di SMA. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember. Jember.
Published
2023-03-16
How to Cite
[1]
Y. E. Wara, “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII DI SMPK STA. FAMILIA”, JBIOEDRA, vol. 1, no. 1, pp. 44-48, Mar. 2023.