Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap hasil Belajar Siswa Materi Struktur Dan fungsi Jaringan Hewan Di SMAK Sint. Carolus Kupang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dengan materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint. Carolus Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Katolik Saint Carolus Kota Kupang, dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian dan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 Struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint Carolus Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yang menunjukkan hasil posttest lebih baik dibandingkan dengan hasil pretest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didk kelas XI IPA pada materi Struktur dan fungsi jaringan pada hewan di SMA Katolik Sint Carolus Kota Kupang Tahun Ajaran 2023/2024
Downloads
References
Al-Farisi, Bayuda Luqman. (2019). Penagaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Pada Konsep Virus.
Br Sipayung, A. J., Susanti, R., & Dewi, N. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak Pada Manusia. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 219–233. https://doi.org/10.26877/bioma.v8i1.4680
Cahyanti, D. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMPN 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2017/2018) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Gustari, H. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Fiqih Pada Peserta Didik Kelas VII di MTS NU Bandar Lampung.
Kolo, E., Nahak, S., & Disnawati, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Aritmetika Sosial. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.698
Latipah, H. W., & Adman, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasikan Fasilitas dan Lingkungan Kantor Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 274. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9465
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.
Megawati, Mansyur, & Azis, A. A. (2022). The Influence Of Integrated Problem Based Learning Learning Models Mind Mapping Tasks On Motivation And Biology Learning Outcomes In High Megawati , Mansyur , Andi asmawati Azis Program Pascasarjana , Universitas Negeri Makassar Gunung Sari Baru ,
Nurlina, & Syafina. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Ekspositoris Oleh Pesrta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Prasetiya, L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 06(02), 151–155.
Rosmi, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 003 Pulau Jambu. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. 1(1), 161-167.
Sarina. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pesrta didik Kelas XI MIA SMAN 1 Sarudu Skripsi. 21(1), 1–9.
Sari, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Di SMP Negeri 1 Teunom (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Sofiyah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi Online. Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. AR- Ruzz Media. Yogyakarta
Ulfa, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Kelas VIII SMPN 1 Suka Makmur. Jurnal Ilmu Dan Pendidikan.
Wena (2016) Pengertian Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat Bangun Datar Peserta didik Kelas III Nurul Islam Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 (Vol. 110265). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.