Pengaruh Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Sistem Sirkulasi Di SMAN 2 Kupang
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi Exsperiment dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah purpose sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest sebesar 52,77 dan pretest 78,61. Hasil uji anacova menunjukkan bahwa nilai probabilitas (Sig )kelas yang didapat yaitu 0,001 oleh karena signifikan <0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha model inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inquiry terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata materi sistem sirkulasi di SMA Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Aris Shoimin, 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Amaliah, R. (2017). Hasil belajar biologi materi sistem gerak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada siswa kelas XI SMAN 4 Bantimurung. Dinamika, 8(1), 11-17.
As’ari, R. (2018). Pengetahuan dan sikap masyarakat dalam melestarikan lingkungan hubungannya dengan perilaku menjaga kelestarian kawasan bukit sepuluh ribu di kota Tasikmalaya. GeoEco, 4(1).
Cucu Suhana, 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Rafika Aditama: Bandung,
Hilda karim, F.Daud & Suprianto.2017.pengaruh model pembelajaaran inquiry trbimbing tehadap hasil belajar siswa kelas vii pada materi ekosistem di smpnegeri 1marioriwawo.
Ibnu Kusdinarti, Meningkatkan Hasil Belajar Sisawa Pada Materi Gerak Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Inkuiri, Kanisius: Yogyakarta, 2015.
Laraswara, K. D., & Budiningarti, H. (2016). Penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan fluida statik kelas X SMA Negeri 1 Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3), 255-259.
Muhardi, W. A, Hala, Y.& Bahri, A. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Bioloi Siswa Kelas VII SMPN 1 Bulukumba, 2021.
Ngalimun, Strategi Pembelajaran Dilengkapi 65 Model Pembelajaran. Penerbit Parama Ilmu: Yogyakarta, 2017.
NH, M. I. S., & Winata, H. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 49-60.
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109-120.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Rani Wahyuni, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika kelas VII IPA SMPN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika & Teknologi:2016
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta: Bandung, 2018.
Suhendra, R. H., Wahab, A. A., & Khumaidi, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi BUPIN terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Plus Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo. ISLAMIKA, 5(3), 890-900.
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Pustaka Publisher,2009.
Yeni, L. F., & Marlina, R.2020. PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI SPERMATOPHYTA KELAS X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(2).