Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Materi Sistem Reproduksi Manusia Di SMPK St. Theresia

Main Article Content

Anggalina Dheju, Maria Novita Inya Buku, Aloysius Djalo

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX materi sistem reproduksi pada manusia di SMP Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yakni menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik untuk pretest adalah 57,14 dan posttest sebesar 89,28. Hasil uji anacova, menunjukkan bahwa nilai probabilitas (sig.) lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yakni 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis Hₐ yang menyatakan ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IX materi sistem reproduksi pada manusia di SMP Katolik St. Theresia “Disamakan” Kupang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dheju, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Materi Sistem Reproduksi Manusia Di SMPK St. Theresia. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 291-300. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/JBIOEDRA/article/view/3009
Section
Articles

References

Abidin. 2014. Keunggulan Problem Based Learning. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Adri. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal: Of Physical Education and Sports, 4(1), 1–10.
Ahiri, J. 2017. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran, ( Jakarta: Uhamka Press, hal. 18.
Amrullah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27-35.
Darlin, I., & Fathonah N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Jurnal Pedagogy, 6(1), 104-115.
Desriyanti, R & Lazulva. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 1(2), 70-78.
Ernawati, H. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada konsep jaringan tumbuhan (Bachelor's thesis, Uin Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2017).
Fitriani, I. (2018). Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 841-846.
Gawen, Sesilinda Hope (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMPK St. Yoseph Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21-23.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1-8.
Isnaini, N. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Science Environment Technology Society Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 63-64.
Lutfiah, W., Anisa, A., & Hambali, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2092-2098.
Nim, C. K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Media Strip Story Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn Satap 18 Konsel (Doctoral Dissertation, Iain Kendari).
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
Siregar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta
Soyomukti, N. (2013). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Posmodern. AR-Ruszz Media. Yogyakarta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online, 3(1).
Zulfa, T., Tursinawati, T., & Darnius, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2098-2107.