Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Kupang Pada Materi Bioteknologi

  • Maria Welfrida Sasi
  • Getrudis Wilhelmina Nau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi kelas X 1 di SMA Negeri 7 Kupang sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemberian tindakan kepada peserta didik. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis yaitu sebanyak dua siklus (Siklus 1 dan Siklus 2) Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. .Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 75,5 meningkat pada siklus II menjadi 86,78. Sehingga diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I 74 % dengan kriteria tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 93 % dengan kriteria tuntas. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 7 Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education , 2(1), 36–44.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Batukh, D. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Hots Pada Materi Inovasi Bioteknologi Biologi Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Sma Kristen Mercusuar Kupang. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(3), 223-228.
Dhuha, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Bioteknologi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Keaktifan, M. P., & Darah, P. (2021). Penerapan model problem based learning secara daring terhadap keaktifan dan prestasi belajar biologi peserta didik. Journal of Biology, 3(1), 18-24.
Patmawati, P., & Meilinda, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning disertai Media Video. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 569-576.
Prastika, F., Primiani, C. N., & Nurcahyo, I. A. (2023, June). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Bioteknologi Melalui Model Problem Based Learning Di Sman 6 Madiun. In Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023.
Pratiwi, D. A., Ami, E., & Anwar, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 31-47.
Thurrodliyah, N. I., Usman, A., & Suciati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1-14.
Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 124–137
Published
2024-03-03
How to Cite
[1]
M. W. Sasi and G. W. Nau, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Kupang Pada Materi Bioteknologi”, JBIOEDRA, vol. 2, no. 1, pp. 301-307, Mar. 2024.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'