Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Kupang Pada Materi Bioteknologi

Main Article Content

Maria Welfrida Sasi
Getrudis Wilhelmina Nau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran biologi kelas X 1 di SMA Negeri 7 Kupang sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemberian tindakan kepada peserta didik. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis yaitu sebanyak dua siklus (Siklus 1 dan Siklus 2) Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. .Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 75,5 meningkat pada siklus II menjadi 86,78. Sehingga diperoleh ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus I 74 % dengan kriteria tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 93 % dengan kriteria tuntas. Dengan demikian model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas X 1 SMA Negeri 7 Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sasi, M. W., & Nau, G. W. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Kupang Pada Materi Bioteknologi. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 301-307. Retrieved from https://journal.unwira.ac.id/index.php/JBIOEDRA/article/view/3250
Section
Articles

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education , 2(1), 36–44.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Batukh, D. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Hots Pada Materi Inovasi Bioteknologi Biologi Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Sma Kristen Mercusuar Kupang. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(3), 223-228.
Dhuha, A. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Bioteknologi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Keaktifan, M. P., & Darah, P. (2021). Penerapan model problem based learning secara daring terhadap keaktifan dan prestasi belajar biologi peserta didik. Journal of Biology, 3(1), 18-24.
Patmawati, P., & Meilinda, M. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning disertai Media Video. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 569-576.
Prastika, F., Primiani, C. N., & Nurcahyo, I. A. (2023, June). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Bioteknologi Melalui Model Problem Based Learning Di Sman 6 Madiun. In Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023.
Pratiwi, D. A., Ami, E., & Anwar, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 31-47.
Thurrodliyah, N. I., Usman, A., & Suciati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1-14.
Yuniarsi, E., & Sapri, J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 124–137