Penerapan Problem Based Learning Dengan LKPD Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X

Main Article Content

Diana Anjar Wati
Sugiarti

Abstract





Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang melibatkan kelas X.5 SMA Negeri 8 Palembang sebanyak 36 peserta didik sebagai subjek penelitian, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan problem based learning. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatkan dari pretest sebesar 6% dengan rata-rata 61 meningkat pada siklus I sebesar 17% dengan rata-rata 68, dan meningkat pada siklus II sebesar 64% dengan rata-rata 81. Sehingga dapat dikatakan penerapan model problem based learning dengan LKPD liveworksheet dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


 


Kata Kunci: Problem based learning, LKPD, liveworksheet


 





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wati, D. A., & Sugiarti. (2024). Penerapan Problem Based Learning Dengan LKPD Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), 52-60. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3111
Section
Articles

References

Andriyani, N., Hanafi, Y., safitri, I. Y., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet Untuk meningkatkan Keaktifan mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas. 122-130. Sleman.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 468-470.
Junaidy, F., Komansilan, A., & Lolowang, J. (2021, Februari). Efektivitas Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 59-64.
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. (2019, Februari). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1-7.
Hasibuan, R. N., Azmi, S. S., & Savana, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pemanasan Global Kelas VII SMP Swasta Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(2), 205-213.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia(JPPI), 1(2), 123-140.
Maulidia, A., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2019, November 17). Inovasi Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Stem Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 185-190.
Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Demonstrasi dan Eksperimen pada Pembelajaran Fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: JurnalPendidikan Fisika, 3(1), 9-14.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basedlearning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), 1-13.