Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together dan Think Pair Share Ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan agar melihat keefektifan dari model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) yang membuat peserta didik aktif dan bertanggung jawab, berpikir dan bekerja sama dengan tim serta memaparkan hasil diskusi secara mandiri, dan model pembelajaran konvensional yang sederhana seperti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dimana peserta didik tidak banyak berdiskusi sehingga ide yang muncul sedikit karena dibatasi oleh anggota kelompok maka hasil belajar peserta didik semakin rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan pembelajaran konvensional ditinjau dari hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dan sampel penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 21 orang disetiap kelas, teknik pengambilan sampel secara acak. Desain penelitian adalah Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah tes dengan instrumen penelitian yaitu soal tes. Teknik analisis data adalah uji keefektifan, sebelum pengujian keefektifan dilakukan maka dilakukan pengujian prasyarat terlebih dahulu. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji t satu sampel dan uji t dua sampel menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Model pembelajaran konvesional sama-sama efektif atau tidak ada perbedaan yang signifikan ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Direkomendasikan kepada guru agar dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif yang serupa dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.