Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis STEM Melalui Aktivitas Desmos Untuk Melatih Keterampilan 4C Siswa SMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital berbasis STEM melalui aktivitas Desmos untuk melatih keterampilan 4C siswa SMA dan mengetahui kevalidan serta keterbacaan aktivitas Desmos yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan aktivitas Desmos dilaksanakan melalui proses dari model ADD (Analysis, Design, Development). Tahap analisis meliputi analisis kebutuhan kurikulum serta materi, pembelajaran STEM, penerapan Desmos, dan keterampilan 4C. Tahap perancangan meliputi membuat kerangka aktivitas Desmos berbasis STEM, menentukan aktivitas Desmos berbasis STEM, memilih buku referensi yang relevan dengan materi yang telah dipilih, dan menyusun instrumen penilaian aktivitas Desmos. Tahap pengembangan meliputi penyusunan kerangka aktivitas Desmos, validasi ahli, dan revisi aktivitas Desmos. Kualitas media pembelajaran ditentukan dari hasil persentase kelayakan media dan materi dari para ahli kemudian rata-rata persentase kelayakan menjadi hasil validitas akhir. Rata-rata persentase kelayakan dari ahli media diperoleh sebesar 90,3% dengan kriteria sangat layak, sedangkan rata-rata persentase kelayakan dari ahli materi matematika dan fisika secara berturut-turut adalah 77,77% dengan kriteria layak dan 84,13% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat dirata-ratakan menjadi 84,06% dengan kriteria valid dan sudah terbaca dengan baik melalui komentar dan saran yang diberikan dari para siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis STEM melalui aktivitas Desmos yang dikembangkan teruji valid