Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Desmos Activity Classroom pada Materi Program Linear
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yaitu Desmos Activity Classroom dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi program linear untuk siswa SMA untuk membantu siswa dalam memahami materi program linear. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan adaptasi dari model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu define (analisis kurikulum di SMA, dan analisis referensi), design (menentukan fokus materi, merancang dan membuat aktivitas Desmos), dan develop (pengembangan aktivitas desmos dan validasi ahli). Kualitas media pembelajaran ditentukan dari hasil validasi ahli. Media pembelajaran digital berupa aktivitas desmos dapat dinyatakan valid berdasarkan dari ahli media dengan diperoleh presentase sebesar 76% dengan kriteria layak, dan penilaian ahli materi diperoleh presentase sebesar 82,2% dengan kriteria valid. Hasil tersebut digunakan untuk merevisi aktivitas digital yang dikembangkan. Meskipun demikian, masih terdapat revisi terhadap aktivitas pembelajaran yang telah dikembangkan sehingga masih diperlukan perbaikan. Implementasi aktivitas pembelajaran di dalam kelas juga belum dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu penelitian