https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/issue/feed Verba Vitae Unwira 2022-09-04T21:40:51+07:00 Mikhael Rajamuda verbavitaeunwira@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Verba Vitae Unwira</strong> is a medium for publications initiated by Communication Study Program of Widya Mandira Catholic University. This Journal publishes anystudies pertaining to the theme of Communication in order to enhance the development of science. The journal is published twice a year- on April and October. <span class="serial-title">Print ISSN <a title="VERBA VITAE" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1332596221&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2086-0676</a>&nbsp;[pISSN Portal]; Online ISSN</span> <a title="Verba Vitae" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2808-5647" target="_blank" rel="noopener">2808-5647</a>&nbsp;[eISSN Portal]</p> https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1859 ANALISIS STRUKTUR NARATIF NOVEL LAMAFA KARYA FINCE BATAONA MENURUT TEORI TZVETAN TODOROV 2022-09-04T21:38:18+07:00 Maria Theresia Cornelia Mare mariamare910@gmail.com Yoseph Andreas Gual yosephandreasgual@gmail.com Fransiska D. Setyaningsih fransiskadesiana04@gmail.com <p>Penelitian ini berangkat dari sebuah asumsi dasar bahwa karya sastra merupakan proses komunikasi. Di dalamnya terkandung beragam pesan komunikasi yang dikemas dengan teknik penggarapan tertentu. Karena itu, pengarang menjadi komunikator (pengirim pesan), pembaca sebagai khalayak, dan karya sastra merupakan pesan yang ingin dikomunikasikan. Dengan demikian, novel memproduksi ruang bagi para pembaca untuk memaknai teks tersebut. Dalam proses memahami novel itulah penelitian ini hendak menganalisis alur cerita serta struktur naratif pada novel Lamafa karya Fince Bataona sebagai salah satu pintu masuk untuk memahami novel tersebut secara komprehensif.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan menggunakan analisis struktur naratif menurut Tzvetan Todorov. Struktur naratif yang dikemukakan Todorov diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu keseimbangan pertama, gangguan/konflik, dan keseimbangan kedua. Dalam pada itu, dari hasil analisis dan interpretasi data, ditemukan bahwa novel Lamafa dalam penuturannya struktur penulisannya tidak beraturan dan melompat-lompat. Hal ini disebabkan oleh penggunaan cara cerita menggunakan orang pertama pelaku utama, dengan kekuatan kerja ingatan. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa novel Lamafa merupakan teks yang dinarasikan dengan kekuatan kerja ingatan yang berimplikasi pada pilihan narator orang pertama pelaku utama. Cerita novel Lamafa melompat-lompat dan tidak beraturan karena impikasi dari kerja ingatan yang punya keterbatasan.</p> 2022-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1855 STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH 2020 2022-09-04T21:38:50+07:00 Qorina Lois Fadilla qorina.16@students.amikom.ac.id Erfina Nurussa'adah erfina@amikom.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan KPU Yogyakarta dalam<br>meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Penulis menggunakan teori strategi komunikasi milik Harold Lasswell yang terdiri dari komunikator, pesan, media, komunikan.Dari hasil penerapan strategi komunikasi KPU Yogyakarta berhasil meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada 2020 sebanyak 7,28% dibanding Pilkada sebelumnya yang hanya 5,95% dalam bentuk sosialisasi pendidikan pemilih dengan mengoptimalkan beberapa pertemuan secara virtual, tatap muka terbatas dan penggunaan teknologi sosial media.</p> 2022-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1856 ANALISIS ISI KONTEN EDUKASI FUNFACT PADA AKUN TIKTOK @BUIRAMIRA 2022-09-04T21:39:34+07:00 Reza Putri reza.putri18@mhs.ubharajaya.ac.id Ari Sulistyanto arisulistyanto@dsn.ubharajaya.ac.id Imaddudin imaddudin@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Aplikasi TikTok merupakan aplikasi jejaring sosial dimana pengguna dapat berbagi video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung. Aplikasi TikTok yang mulanya digunakan sebagai hiburan, kini berbagai macam ide konten dapat ditemukan. Salah satunya adalah konten edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan bagaimana isi dan tema konten edukasi funfact mengenai skripsi dalam pembelajaran yang menyenangkan pada akun TikTok @buiramira. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis isi deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan dan menganalisis tujuh konten edukasi funfact per tanggal 13 Agustus 2020 – 16 September 2021 terkait pembelajaran yang menyenangkan mengenai skripsi. Konten tersebut terbagi menjadi dua tema, yaitu tema proses pengerjaan skripsi dan tema pelaksanaan sidang skripsi dan terbagi menjadi dua ketegori, yaitu kategori tips dan diskusi.</p> 2022-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1857 PENGARUH IKLAN LEMONILO DI TELEVISI RCTI, KEADAAN EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN ALAMI DI KALANGAN MASYARAKAT RT 09 RW 029 MUSTIKA JAYA BEKASI 2022-09-04T21:39:57+07:00 Safira Salsabil itsfira19@gmail.com Ari Sulistyanto ari.sulistyanto@dsn.ubharajaya.ac.id Moh. Rifaldi Akbar rifaldi.akbar@dsn.ubharajaya.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan (1) Apakah iklan Lemonilo di <br>televisi RCTI berpengaruh terhadap keputusan pembelian? (2) Apakah keadaan ekonomi<br>mempengaruhi hubungan antara iklan di televisi RCTI terhadap keputusan pembelian (3) Apakah<br>lingkungan sosial mempengaruhi hubungan antara iklan di televisi RCTI terhadap keputusan?<br>Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dalam<br>penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif paradigma positivistik. Teknik<br>pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada masyarakat<br>RT 09 RW 029 Mustika Jaya Bekasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 71 responden<br>dengan rumus slovin sebesar 10%. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel dengan<br>nonprobability sampling yakni sampling purposive. Peneliti menggunakan skala likert sebagai alat<br>ukur jenjang pendapat responden. Penelitian ini menggunakan 29 butir pernyataan, yakni 8<br>pernyataan untuk Variabel X (Iklan di Televisi), 8 pernyataan untuk Variabel Z1 (Keadaan<br>Ekonomi), 8 pernyataan untuk Variabel Z2 (Lingkungan Sosial) dan 5 pernyataan untuk Variabel<br>Y (Keputusan Pembelian) dan semua butir pernyataan yang digunakan valid. Hasil dari penelitian<br>menunjukkan bahwa (1) iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) iklan<br>berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel keadaan ekonomi dan (3)<br>iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui variabel lingkungan sosial.</p> 2022-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://journal.unwira.ac.id/index.php/VERBAVITAE/article/view/1858 PENGARUH KOMUNIKASI PIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA STAF DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SLEMAN 2022-09-04T21:40:51+07:00 Nikke Kapindo nikke7kapindo@gmail.com Rhafidilla Vebrynda rhafidilla@umy.ac.id <p>Komunikasi sangatlah penting bagi perusahaan atau organisasi. Dengan komunikasi, tujuan dari <br>perusahaan atau organisasi akan mudah dan terarahkan. Komunikasi dapat dilakukan dari atasan ke bawahan, bawahan ke atasan, dan sesama bawahan. Komunikasi dalam perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kinerja kerja,juga harus mampu meningkatkan motivasi kerja yang dilakukan oleh pimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh komunikasi pimpinan terhadap motivasi kerja staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dalam bentuk skala likert sebagai alat ukur kepadaresponden. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji analisis regresi linear sederhana dan uji regresi parsial (uji t). Proses pengolahan data dilakukan mengunakan program SPSS. 16 (Statistical Package fo Social Science). Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana maka hasil yang diperoleh pada persamaan regresi Y = 7,633 + 0,471, yang berarti variabel X berada di posisi 0 point maka nilai Y sebesar 7,633 tidak terjadi perubahan. Sedangkan pada regresi X sebesar 0,471 yang berarti bahwa setiap penambahan 1 % nilai variabel komunikasi pimpinan, maka partisipasi bertambah sebesar 0,471. Koefisien regresi tersebut bernilai positif. Maka, dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif. Hasil uji regresi linear sederhana berdasarkantingkat signifikansi dari tabel Coeffisients diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 &lt; 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi pimpinan (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi kerja (Y).</p> 2022-03-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022