PENGUATAN KAPASITAS PEMERINTAH MERENCANAKAN PEMBANGUNAN DESA, DI DESA OBEN KABUPATEN KUPANG

Main Article Content

Jennifer I. R. Dhue
Frans B Tokan

Abstract

Abstrak


 Penguatan kapasitas pemerintah  dalam merencanakan pembangunan merupakan hal urgen yang mesti dibenahi, agar dapat menghasilkan perencanaan pembangunan desa yang lebih berkualitas dan tepat sasaran. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kapasitas organisasi desa merencanakan pembangunan desa  sesuai dengan kebutuhan dan kehendak masyarakat desa.  Berbasis pada teori pengembangan kapasitas dan perencanaan partisipatif serta dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif diharapkan dapat menjawab tujuan dari penelitian ini.      


Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kapasitas ekstraksi yang dimiliki  pemerintah desa hanya mampu memanfaatkan  aset-aset publik desa yang ada di desa  sesuai dengan kebutuhan pelayanan administrasi desa semata. Demikian juga halnya dengan kapasitas responsif, pemerintah desa ternyata kurang mampu merespon berbagai aspirasi  masyarakat melalui perencanaan pembangunan guna memenuhi kebutuhan masyarakat desa. Sedangkan  kapasitas jaringan dan kerjasama masih terbatas hanya pada kegiatan KKN mahasiswa tanpa kerjasama lain yang dilakukan secara  terprogram dan berkelanjutan.  


Oleh karena itu perlu ada penguatan  terhadap kapasitas pemerintah desa dan masyarakat sehingga mampu membuat perencanaan yang lebih berkualitas  merespon kepentingan mayoritas masyarakat desa dan lebih  mampu bersinergi dengan berbagai lingkungan eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles