Pengaruh Jenis Pola Asuh terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Fakultas X

Main Article Content

Rifaldi Rifaldi
Dita Wahyuni
Mutia Rahmah
Rahmayolanda Dalimo

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah telah diterapkan dalam Kurikulum Fakultas X sejak 2008. Kemandirian belajar merupakan komponen yang dibutuhkan dalam pembelajaran berbasis masalah. Kemandirian belajar mahasiswa dipengaruhi oleh jenis pola asuh yang didapatkan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh pola asuh terhadap kemandirian belajar mahasiswa Fakultas X. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner. Pengambilan sampel dengan teknik sampel non-acak yaitu quota sampling didapatkan 60 sampel responden. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan prasyarat asumsi klasik. Hasil penelitian menyatakan adanya pengaruh simultan yang signifikan antara jenis pola asuh terhadap kemandirian belajar mahasiswa Fakultas X (Fhitung=14,308 > Ftabel=2,769). Pola asuh permisif tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar mahasiswa Fakultas X (Sig =0,368). Pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar mahasiswa Fakultas X (Sig <0,05). Pola asuh demokratis merupakan pola asuh dominan yang positif dalam mempengaruhi secara signifikan terhadap kemandirian belajar (Thitung=4,115 > Ttabel=2,003, Sig=<0,001 dan b=1,418).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Albar, S., & Andriani, F. (2021). Pengaruh Tipe-Tipe Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian pada Remaja Etnis Arab. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 920–929. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.27521
Aprilianarsih, P., & Mil, S. (2023). Kemandirian Anak dengan Orang Tua yang Menerapkan Pola Asuh Permisif. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 233–242.
Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98
Bakhriansyah, M. (2012). Korelasi antara Lama Studi dan Tingkat Kecemasan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 1(2), 54–58.
Efendi, P., & Pardosi, S. (2016). Peran Pendekatan Student Center Learning dalam Proses Pembelajaran di Prodi D-III Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Jurnal Media Kesehatan, 9(1), 06–12. https://doi.org/10.33088/jmk.v9i1.286
Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364
Ismi Nabila, A., Ponco Dewi Karyaningsih, R., & Marsofiyati, M. (2023). Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Berajah Journal, 3(1), 119–124. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.202
Kurniawan, W. (2023). Kemandirian Belajar Siswa ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua Demokratis. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 6(01), 1–7.
Luailiyah, A., Oktaviana, R. ., & Utami, K. . (2021). Motivasi dan task value berhubungan dengan self directed learning readiness mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(01), 33–42.
Meirizki, D. A., Hidyata, T., & Karyanta, N. A. (2011). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua dan Motivasi Berprestasi dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Wacana, 3(1), 1–20.
Mirawati, M., & Yunita, N. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 38–46.
Mulyawati, Y., & Christine, C. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. JPPGuseda : Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 21–25. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.990
Narimawanto, U., Jonathan, S., Munandar, D., & Winanti, M. B. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Andi Offset.
Noprianty, R. (2016). Pendapat Mahasiswa terhadap Implementasi PBL pada Kurikulum Berbasis Kompetensi Program Studi S1 Keperawatan. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(2), 78. https://doi.org/10.22146/jpki.25319
Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradana Pustaka.
Nursaptini, N., Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa dan Analisis Faktor yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua dan Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711
Pembayun, E. P., & Mudhar, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 96–103. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1381
Pramesthie, N., & Satwika, Y. W. (2019). Perbedaan Kemandirian Belajar ditinjau dari Persepsi terhadap Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII SMP “ X” Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/view/29058%0Ahttps://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/40/article/viewFile/29058/26606
Pratiwi, K. E., Haniarti, & Usma. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak di SD Negeri 38 Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(1), 31–42. https://doi.org/10.31850/makes.v3i1.288
Rizkiyah, P., Nursiana, A., & Ingkadijaya, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mengunjungi Festival Cap Go Meh di Singkawang. Jurnal Pariwisata, 5(1), 22–29. https://doi.org/10.31311/par.v5i1.2568
Santika, I., Yusmansyah, & Widiastuti, R. (2017). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Bandar Lampung. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(2), 1–9. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1512749
Sitorus, P. J. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen, Likuiditas, Solvabilitas dan Earning Per Share terhadap Harga Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Maksitek, 5(2), 47–61.
Sugianto, I. M., & Lisiswanti, R. (2016). Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Majority, 5(5), 27–31. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/919
Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 152–160. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214
Umairoh, S., & Ichsan, I. (2018). Perbedaan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 157–164. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-02
Wibowo, A. A., Poerwosusanta, H., & et al. (2023). Modul Pemahaman Lingkungan Lahan Basah di Program Studi Ilmu Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Widianto, Y. H. (2016). Pengaruh Pola Asuh Authoritative terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Pakem. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8), 108–118. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/4310