PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DESMOS CLASSROOM ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TRANSFORMASI GEOMETRI MENGGUNAKAN KONTEKS GREBEG MAULUD
Main Article Content
Abstract
Kesulitan belajar yang dialami peserta didik dalam materi transformasi geometri adalah kurangnya pemahaman konsep. Pembelajaran matematika yang menggunakan media pembelajaran berkonteks budaya yang dekat dengan peserta didik berpotensi meningkatkan pemahaman konsep.Perpaduan antara media pembelajaran yang interaktif dan konteks pembelajaran yang dekat dengan peserta didik dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang akan mengembangkan media pembelajaran dengan model pengembangan ADDIE. Namun, tahap implementasi dilewatkan, karena media pembelajaran tidak diimplementasikan kepada peserta didik. Media pembelajaran disusun untuk menampilkan pergerakan Gunungan di tradisi Grebeg Maulud yang dikaitkan dengan materi translasi pada titik. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki skor validitas 91,5% atau termasuk ke dalam kategori sangat valid. Sehingga media tersebut berpotensi diimplementasikan kepada peserta didik di DIY maupun di luar DIY. Dengan adanya media pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat mengaitkan dan menemukan rumus dan konsep translasi secara mandiri.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.