MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN BESTOBE MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PECAHAN

  • Lusia Niis SD Negeri Bestobe
  • Yashinta Moensaku SD Negeri Bestobe
  • Florensia Fallo SD Negeri Bestobe
  • Amrosia Pala SD Negeri Bestobe
  • Yunita Tahoni SD Negeri Bestobe
  • Yulita Metboki SD Negeri Bestobe
  • Maria Metboki PAUD Suf’ana Subun Bestobe
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, , Alat Peraga Pecahan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Negeri Bestobe semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 17 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penilitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keaktifan siswa pada setiap pertemuan, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa pada akhir dari setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua data-data yang diperoleh telah mencapai target yang ditetapkan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Bestobe dengan menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lusia Niis, SD Negeri Bestobe

Guru

Yashinta Moensaku, SD Negeri Bestobe

Guru

Florensia Fallo, SD Negeri Bestobe

Guru

Amrosia Pala, SD Negeri Bestobe

Guru

Yunita Tahoni, SD Negeri Bestobe

Guru

Yulita Metboki, SD Negeri Bestobe

Guru

Maria Metboki, PAUD Suf’ana Subun Bestobe

Guru

Published
2020-05-12