PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Wilhelmina A. Halek
Lusia Niis
Fransiska Abuk
Wilfridus B. Tfaentem
Walfrida U. Naisoko
Yoneta Naiheli
Yohanes A. Naisoko

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD Kelas VI SDN Bestobe. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VI  yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu One-Shoot Case Study. Materi dalam penelitian ini yaitu tentang bangun datar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS. Uji normalitas digunakan sebagai prasyarat sebelum uji hipotesis. Hasil yang diperoleh yaitu data nilai hasil belajar matematika berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wilhelmina A. Halek, SD Negeri Bestobe

Guru

Lusia Niis, SD Negeri Bestobe

Guru

Fransiska Abuk, SD Negeri Bestobe

Guru

Wilfridus B. Tfaentem, SD Negeri Bestobe

Guru

Walfrida U. Naisoko, SD Negeri Bestobe

Guru

Yoneta Naiheli, SD Negeri Bestobe

Guru

Yohanes A. Naisoko, SD Negeri Bestobe

Guru