PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD Kelas VI SDN Bestobe. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 17 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu One-Shoot Case Study. Materi dalam penelitian ini yaitu tentang bangun datar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan software SPSS. Uji normalitas digunakan sebagai prasyarat sebelum uji hipotesis. Hasil yang diperoleh yaitu data nilai hasil belajar matematika berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode pemberian tugas terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.