Pelatihan Pembuatan E-Rapor Pada Kurikulum Merdeka

Main Article Content

Septi Fitri Meilana
Puri Pramudiani
Zulherman Zulherman

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bermitra dengan SDN Rukem, Banten. Permasalahan yang dihadapi guru di sekolah ini adalah mereka belum memiliki kemampuan yang memadai dalam pengisian E-Rapot kurikulum merdeka untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini, guru akan dilatih mengisi E-Rapot. Oleh karena itu, guru diberi pengetahuan teoritis dan praktis tentang cara pengisian E-Rapot RPP/modul ajar kurikulum merdeka untuk diimplementasikan ketika sudah akhir semester. Model pelatihan dilakukan secara tatap muka. Hasil yang dicapai dari pelatihan ini adalah guru sudah bisa mengisi E-Rapot kurikulum merdeka. Artinya, guru mampu memilih dan mengisi E-Rapot kurikulum merdeka berbasis Revolusi Industri 4.0 dengan memanfaatkan media digital yaitu website.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, F., Sulton, S., & Husna, A. (2021). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 41–50. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p041

Alfiah, A. (2022). Kemampuan Calon Pendidik Bahasa Jawa dalam Menentukan Teknik Penilaian Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 10(1), 21–34. https://doi.org/10.15294/piwulang.v10i1.56588

Aprilianti, B. N., Rhahmadiahti, F. P., Setianingrum, B. E., Pradana, I. A., Wulandari, Y., & Kurniawan, I. A. (2023). Penerapan Sistem Informasi E-Rapor pada Sekolah di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(1), 48–55.

Aslam, Wahab, A. A., Purrohman, P. S., Zulherman, & Ampry, E. S. (2021). Internet User Behavior and Social Media in Learning. Proceedings of the 4th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2020), 526(Icream 2020), 50–55. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210212.010

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Mada, G. S., Luan, F., Sikas, O. R., & Dethan, N. K. F. (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi E-rapor dengan Menggunakan Microsoft Office Excel Bagi Guru-guru SD di Wilayah Insana Fafinesu. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(3), 111–116.

Magdalena, I., Nurchayati, A., & Mustikawati, R. (2023). Kompetensi Pengetahuan dan Teknik Penilaian dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. TSAQOFAH, 3(5), 794–801. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1375

Muñoz Olivero, J. A., Villagra Bravo, C. P., & Sepúlveda Silva, S. E. (2016). Teachers’ Reflection Process to Improve Learning Assessment Practices in the Context of Education for Youngsters and Adults (EPJA). Folios, 44, 77–91.

Novitasari, D., Asbari, M., Purwanto, A., Fahmalatif, F., Sudargini, Y., Hidayati, L., & Wiratama, J. (2021). The Influence of Social Support Factors on Performance: A Case Study of Elementary School Teachers. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS), 1(01), 41–52.

Pertiwi, M. W., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 404–413.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479–1491.

Siregar, M. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di SD Dan SMP Swasta Budi Murni 6 Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 5(1), 70–82.

Sulistianingtyas, D. A., Mariono, A., & Bachri, B. S. (2022). Evaluation Effectiveness of Implementation Training on Making ICT-Based Learning Media for Teachers. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 334–344.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.

Vu, K. T., & Nga, N. T. V. (2023). Developing Skill of Using Feedback in Learning-outcome Assessment for Future Teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(4), 36–57.