Guru Tamu Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Rekonsiliasi Bank pada Siswa/Siswi SMK Negeri 1 Pangkalanbaru

Main Article Content

Yunita Maharani
Novika
Gayatria Oktalina

Abstract

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi setiap siswa untuk merasakan proses pembelajaran yang berbeda, salah satunya adalah dengan melaksanakan program guru tamu. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi siswa untuk merasakan pengajaran dari guru tamu yang merupakan seseorang yang ahli di bidangnya, sehingga akan meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka. Pengabdian ini menggunakan metode bimtek, yang mana siswa diberikan materi dan latihan oleh guru tamu. Partisipan dalam kegiatan ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pangkalanbaru terdiri dari kelas X dan XI yang berjumlah 70 siswa. Setelah pemberian materi siswa diberikan latihan soal melalui aplikasi quizizz sebagai bahan evaluasi untuk menilai pemahaman siswa setelah pemberian treatment guru tamu. Selama proses pembelajaran banyak siswa yang aktif bertanya dan menjawab, selain itu hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 60% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan kehadiran guru tamu mampu meningkatkan efektivitas, motivasi dan antusias serta pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5749

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (3rd ed.). Bumi Aksara.

Darmawan, Y., Jati, B. P., & Rahimah, R. (2022). Efektivitas Guru Tamu Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Pemerintah Daerah. Prosiding Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen (SENAMA), 149–155. https://doi.org/10.52353/senama.v1i1.378

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. с.30.
Firdaus, F. (2018). Manfaat Guru Tamu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK YPTN Bangkinang Kota. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 205. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.668

Hasbullah. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cetakan 14). Depok : Raja Grafindo Persada.

Hodgetts & Stolte. (2012). Case-based Research in Community and Social Psychology: Introduction to the Special Issue. 22(Juni 2012), 379–389. https://doi.org/10.1002/casp

Junior, J. B. B. (2020). Assessment for Learning with Mobile Apps: Exploring the Potential of Quizizz in the Educational Context. International Journal of Development Research, 10(01), 33366–33371.

Kononets, N., Ilchenko, O., & Mokliak, V. (2020). Future teachers resource-based learning system: Experience of higher education institutions in poltava city, Ukraine. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(3), 199–220. https://doi.org/10.17718/TOJDE.762054

Lim, T. M., & Yunus, M. M. (2021). Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 13(11). https://doi.org/10.3390/su13116436

Munjaidah, Lolowang, J., & Tumimomor, F. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Dalam Hukum Newton Tentang Gerak. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 156–160. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.124

Nilson, L. B. (2016). Teaching at Its Best: A Research-Based Resource for College Instructors. In Book (Vol. 2nd).

Sagala, S. (2014). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.

Sudjana, N. (2021). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37