Pelatihan Pembuatan Media Inovatif Pembelajaran Bilangan bagi Guru di SD Negeri 2 Jaya Bakti
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas guru-guru dalam pembelajaran, maka diperlukan adanya kemampuan yang cukup dalam proses pembuatan media pembelajaran. Pentingnya penggunaan media inovatif dalam pembelajaran diharapkan guru dapat lebih inovatif dan kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode pengabdian ini meliputi persiapan dan pendataan peserta, pelaksanaan inti pengabdian, dan evaluasi. Dari hasil evaluasi disimpulkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah berjalan baik sesuai dengan yang direncanakan, serta terlaksana secara maksimal yang diikuti oleh peserta yang antusias dan menjadi lebih paham mengenai pembuatan media inovatif, interaktif dan menyenangkan sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media
Fatmawati, Z., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Klasifikasi Media Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 188-214.
Fendiyanto, P., Safrudiannur, & Kurniawan. (2023). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru Matematika SMP Kota Samarinda. Madaniya, 4(4), 1773–1780.
Junaidi, A. R., Kustiawan, U., & Dewantoro, D. A. (2021). Pelatihan Pengembangan Desain dan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru-Guru SLB Pembina Tk. Nasional Bag. C Lawang. Seminar Nasional: Peran Professional Guru Pendidikan Khusus Di Sekolah/Madrasah Inklusif, 1–5.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Putri, S. W., & Binawati, N. W. S. B. (2024). Peranan Psikologi Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Dalam Belajar. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 1-9.
Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(1), 97-110.
Rizkayati, A., Sari, E. R., Onde, M. L. O., Natsir, S. R., Syamsurijal, & Muhaimin, R. F. (2023). Pelatihan Keterampilan Media Pembelajaran Kantong Bilangan Pada Operasi Hitung Bilangan Cacah Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton. Communnity Development Journal, 4(6), 12473–12477.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: JurnalPendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Trisnani, N. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Kartu Bilangan Pecahan di SD Negeri Kasatriyan. SEJ (School Education Journal), 9(4), 360–368.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08 No. 02, 3635–3645.
Winanda, D. R., Jumri, R., & Ramadianti, W. (2024). Penggunaan Media Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Menyenangkan Kelas V SDN 65 Kota Bengkulu. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 553-558.