Efektivitas Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa MI Bustanul Ulum Kemiri 1

Main Article Content

Zahiroh Amani
Septa Indra Puspikawati

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di seluruh tatanan kehidupan. PHBS di lingkungan sekolah merupakan salah satu cara penerapan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah dianggap sebagai institusi yang efektif membantu optimalisasi tumbuh kembang anak usia sekolah karena masa pertumbuhan anak banyak dihabiskan di sekolah. Anak usia sekolah memiliki risiko terkena penyakit diare karena perilaku mengonsumsi jajanan kurang sehat di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap siswa mengenai indikator PHBS di sekolah. Edukasi PHBS pada 35 siswa-siswi kelas 6 MI Bustanul Ulum Kemiri 1 dilakukan dengan metode sosialisasi dan ditambahkan sesi cerdas cermat. Media yang digunakan dalam penyampaian materi adalah Power Point. Hasil dari pemberian edukasi PHBS ini adanya peningkatan pengetahuan peserta sebesar 40%. Pemberian edukasi PHBS dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menerapkan PHBS di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alim, A. N. S. (2020). Gambaran Pencegahan Diare Pada Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas Patrang Kabupaten Jember (Universitas Jember). Universitas Jember.

Dinkes Jember. (2020). Profil Kesehatan Kabupaten Jember Tahun 2020.

Ernyasih, E., & Sari, M. M. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Santri MTS di Pondok Pensantren Al-Amanah Al-Gontory Tahun 2020. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 1(2), 205. https://doi.org/10.24853/eohjs.1.2.205-216

Harizon, P., Yanuarti, R., Febriawati, H., & Wati, N. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di SDN 42 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 246–257. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4127

Irianty, H., Hayati, R., & Suryanto, D. (2020). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di SDS Islam “Plus” Al Manshur Banjarbaru. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(3), 223. https://doi.org/10.36565/jak.v2i3.136

Kemenkes. (2022). Laporan Kinerja 2022 P2PM. Diambil 15 Juli 2024, dari https://p2pm.kemkes.go.id/

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). In Ikra-Ith Abdimas. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan Kementerian Kesehatan RI. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v8i2.3516

Khairunnisa, A., Maryanah, A., Nabila, S. P., & Luli, M. K. (2022). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa-Siswi MI Muhammadiyah 01 Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Saga Komunitas, 2(1), 141–147. https://doi.org/10.53801/jpmsk.v2i1.91


Maksum, E., Nurharlina, N., Nugrahaeni, D. K., Inayah, I., & Lukman, M. (2022). Efektivitas Promosi Kesehatan Permainan Ular Tangga Modifikasi terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Protokol Kesehatan COVID-19. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 449–458. https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.3843

Muhani, N., Febriani, C. A., Yanti, D. E., Rahmah, A., Rafika, E., Sari, F. A., … Pratiwi, Y. A. (2022). Penyuluhan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Sekolah Di 01 Langkapura. Journal of Community Services in Humanities and Social Sciences, 4(1), 27–38.

Musniati, N., & Sari, M. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Anak Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang. ARDIMAS: Jurnal Arsip Pengabdian Masyarakat, 1(2), 89–97.

Novika, Sayati, D., & Murni, N. S. (2024). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan PHBS. Citra Delima Scientific journal of Citra Internasional Institute, 7(2), 70–76. Diambil dari http://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

Nurdin, S. S. I., & Ahmad, Z. F. (2024). Peningkatan Perilaku Hidup bersih dan Sehat melalui Kegiatan Sosialisasi. Mohuluya: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 27–31.

Putri, E. E. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilakuy Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 dan 03 di Kota Padang. Sekolat Tinggi Ilmu Kesehatan Alifah Padang.

Rachmani, Z. I., Putri, A. R. K., Setianingrum, N. R., Nurahma, S. F., Ridwan, A. E. N., Mukminin, A., & Sumanto, R. P. A. (2023). Sosialisasi Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Ra Al-Asror Patemon, Gunungpati, Semarang. Berbakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 92–96.

Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1–100. https://doi.org/1 Desember 2013

Suhadi, Sato, M., Takui, S., Fithria, Jafriati, & Salibu, Y. (2024). Edukasi Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 02 Bokori. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo, 1(1), 61–65.

Syakyuni, M., Muda, R., Fitria, M., Handayani, M., Munzila, E., Mukhlizar, M., … Alisman, A. (2023). Sosialisasi Dan Penerapan Perilaku Pola Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Sekolah MIN 17 Aceh Tengah Desa Blang Mancung Bawah Sebagai Upaya Penurunan Angka Stunting. Jurnal Teknodimas: Teknologi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.

Zulaika, C., & Sari Rochmayani, D. (2020). Hubungan Pengetahuan Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Perilaku Hidup Sehat Siswa PMR Di SDN Krapyak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(2), 158. https://doi.org/10.26751/jikk.v11i2.827