Pelatihan Rebranding Sekolah Sebagai Upaya Penjaringan Siswa Baru pada Guru-Guru TK Plus Insan Mandiri

Main Article Content

Tita Melia Milyane
Muhammad Rizkie
Muhammah Zaki Abrar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebelumnya yang berjudul Pelatihan Hypnowriting Konten Digital, dimana masyarakat sasar yaitu guru-guru di Taman Kanak Kanak (TK) Plus Insan Mandiri memerlukan pendampingan lanjutan berupa pelatihan Rebranding sebagai Upaya Penjaringan Siswa Baru pada tahun 2024-2025. Kegiatan ini dirasa sangat diperlukan karena saat ini sekolah ini tengah mengalami penurunan jumlah siswa baru yang salah satu solusinya adalah melakukan rebranding melalui media digital untuk mengangkat kembali citra sekolah ini yang pernah meraih Peringkat 1 dan Terakreditasi A dari Badan Akreditasi Sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan memanfaatkan media digital sebagai media rebranding yang baik bagi masyarakat sasar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan pendampingan terkait manfaat, dan fungsi media digital serta teknik dan strategi Rebranding bagi guru-guru TK Plus Insan Mandiri, dimana pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari. Peserta pelatihan adalah seluruh Guru (masyarakat sasar). Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan pengetahuan dan keterampilan peserta masyarakat sasar dalam memanfaatkan media digitalnya sehingga dapat menciptakan branding baru dan diharapkan mitra sasar dapat menjaring peserta didik lebih banyak. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah adanya perubahan keterampilan dan kemampuan masyarakat sasar dalam menggunakan media Instagram dan Tiktok serta terampil membuat strategi branding berupa pembuatan logo baru sekolah sebagai bentuk branding,  sehingga dapat digunakan untuk promosi sekolah. Luaran kegiatan ini adalah tayangan kegiatan di you tube, publikasi media massa digital, materi power point serta publikasi di jurnal nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad Zainuri Arif, S. E. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Rebranding di SD Muhammadiyah 24 Surabaya . Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan , 29.

Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media Analisis Kritis Kesiapan fakultas Dakwah Dan Komunikasi . Islamic Communication Journal, 43.

Anastasia Noviyanti, A. J. (2022). Strategi Rebranding Dalam Peningkatan Kinerja UMKM. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2022 (SNPPM-2022), 106.

Bryan Lukinanda Tyasno, N. (2023). Rebranding UMKM Dapur Ricis sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Makanan. Jurnal Desgrafia, 67-79.

Chalil, R. D. (2021). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Junaryadi, B. (2022). Upaya Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru . EDUNOVATICA Jurnal Inovasi Pembelajaran , 41.

Kasihani Lestari, H. P. (2021). Strategi Taman Kanak-Kanak dalam Mengoptimalkan . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1954.

Laily, N., Rihardjo, I. B., Prijati, P., Kurnia, K., & Sidharta, Y. (2022). Sosialisasi Strategi Rebranding Pada UMKM Produk Kreatif di Kabupaten Gresik. DedikasiMU: Journal of Community Service, 4(4), 521-526.

Murwanto Haris, D. I. (2023). Rebranding Dan Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Semarang SOLUSI.

Nawang Iman Santosa, G. G. (2022). Strategi Rebranding Trimurti Senior High School dalam Meningkatkan Citra Sekolah Modern. Commercium, 79 - 88 .

Ririn Tius Eka Margareta, B. I. (2018). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik . Kelola, Jurnal Manajemen Pendidikan, 1-14.

Romeltea. (2022, Agustus 27). romelteamedia. Retrieved from romelteamedia:
https://.romelteamedia.com/2022/08/pengertian-media-digital-contoh-jenis.html

Wardana, R. (2022, Desember 7). vocasia. Retrieved from vocasia: https://vovasia.id/blog/media-digital-adalah/

Yusuf, M. (2023). Rebranding Madrasah Dalam Membangun Citra Positif Dan Modern. Journal of Education Management Research, 1(2), 65-82.